22 Januari 2018 | Reza - Redaksi | CCTV

Jelang Pilkada, Kantor KPUD JABAR Dipenuhi CCTV

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak sudah di depan mata, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di penjuru Nusantara terus membenahi diri agar pelaksanaan Pilkada yang digelar April mendatang dapat terselenggara dengan jujur dan lancar. Seperti yang dilakukan KPUD Jawa Barat (JABAR).

Kini, di hampir seluruh ruangan kantor KPUD JABAR telah terpasangkan kamera pengawas (CCTV). Pemasangan itu dilakukan untuk mencegah penyelewengan wewenang dar petugas serta untuk menjaga keamanan selama berlangsungnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2018. Sekretaris KPUD JABAR Heri Suherman mengungkapkan pada tahun 2014 KPUD sudah memasang empat unit kamera CCTV di beberapa titik yang dianggap rawan.

Namun jumlah itu masih kurang, sehingga KPUD kembali memasang sembilan kamera CCTV tambahan untuk Pilkada 2018 ini. Heri mengatakan pemasangan CCTV di Kantor KPUD itu dilakukan sejak adanya pencurian data pemilu pada 2013 lalu. Lebih jauh dia menjelaskan, bahwa pemasang CCTV di Kantor KPU Jawa Barat bukan saja karena dipicu oleh pencurian hard disk berisi data hasil Pemilu Legislatif semata.

Namun lebih untuk mengetahui situasi selama satu bulan terkahir di kantor otoritas penyelenggara pemilu tersebut. Heri menambahkan KPUD JABAR juga akan memasang kamera tambahan berikutnya di 10 ruangan lainnya, termasuk ruang pusat media. Sedangkan, untuk ruang kerja anggota KPU Jawa Barat hanya cukup dipasang di koridor luar ruangan saja. "Ini merupakan saran dari kepolisian untuk mengantisipasi kerawanan keamanan guna mempermudah proses penyidikan kalau terjadi sesuatu," jelas Heri.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar