05 Februari 2018 | Reza - Redaksi | CCTV

3 Negara Ini Pasang Jutaan CCTV Untuk Awasi Warganya

Di negara-negara besar, sebuah sistem pengawasan canggih yang mampu bekerja selama 24 jam penuh adalah sebuah keharusan. Sistem seperti ini dibutuhkan untuk menjaga sekaligus mengawasi prilaku warganya. Seperti yang dilakukan oleh Inggris, Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok.

Di antara ketiga negara tersebut, Tiongkok tercatat sebagai negara yang memiliki sistem jaringan kamera pengawas (CCTV) terbesar di dunia. Mencapai sekitar 170 juta unit kamera pengawas berteknologi kecerdasan buatan dan fitur pengenal wajah dari segala arah, yang tersebar di penjuru negeri untuk mengawasi warganya yang berjumlah 1,4 Miliar jiwa.

Dengan keberadaan kamera-kamera CCTV tersebut, hanya membutuhkan waktu tujuh menit untuk mengidentifikasi citra wajah seseorang yang berurusan dengan tindak kejahatan dan memperingatkan pihak berwenang di Tiongkok terkait keberadaannya.

Pejabat Tiongkok berharap jaringan CCTV terluas di dunia ini bisa membantu mencegah dan memprediksi kejahatan di masa depan. Dalam tiga tahun ke depan, 400 juta kamera CCTV akan ditambahkan dan dipasang di seluruh Tiongkok.

Tiongkok bukan satu-satunya negara yang mengawasi warga negaranya. Sebanyak 30 juta kamera pengintai dipasang di seluruh wilayah Amerika saat ini, berdasarkan laporan mcclatchydc.com. Sekitar enam juta CCTV dipasang di Inggris pada 2013, berdasarkan studi British Security Industry Association. "Saya yakin jumlahnya sekarang lebih banyak dari sebelumnya," kata Komisaris CCTV Inggris, Tony Porter.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar