12 Februari 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

E-Gate Lengkapi Keamanan Kawasan Industri Pulogadung

Kawasan Industri Pulogadung

Kawasan Industri Pulogadung (KIP) yang dikelola PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), baru-baru ini memasang gerbang elektronik otomatis atau e-Gate. Tujuan pemasangan perangkat ini adalah untuk memperketat area KIP dari akses keluar masuk pihak yang tidak berkepentingan.

Sebelumnya, KIP yang berada di Jakarta Timur ini pernah dinilai sebagai kawasan industri yang kumuh dengan tingkat keamanan dan kenyamanan untuk para tenant yang kurang baik. Dengan penerapan e-Gate ini, predikat keamanan semakin meningkat di KIP karena dapat menekan risiko kejahatan.

Head of Secretary JIEP, Purwati, mengatakan penerapan sistem e-Gate juga mampu menekan angka kriminalitas di kawasan industri ini. Salah satunya yang bisa dicegah dengan adanya e-Gate adalah aksi balap liar oleh oknum masyarakat yang kerap menggunakan areal KIP.

Sebelum diterapkannya e-Gate, beberapa ruas jalan di KIP kerap menjadi arena balap liar hampir di setiap malam oleh oknum masyarakat. Kini hal itu tak lagi bisa ditemukan setelah e-Gate JIEP diberlakukan.

“Sebagai kawasan terbatas sudah sepatutnya PT JIEP meningkatkan keamanan demi terciptanya kenyamanan bagi para tenant dan investor di Kawasan Industri Pulogadung. Karena itu kami menginisiasi sebuah sistem untuk meredam hal-hal buruk atau kejadian yang tidak diinginkan di KIP," kata Purwati.

Namun demikian tidak semua orang dikenakan biaya saat memasuki Kawasan Industri Pulogadung. Masyarakat yang tinggal di seputaran Kawasan Industri Pulogadung serta karyawan yang bekerja di KIP diberikan akses masuk gratis dengan melampirkan beberapa persyaratan seperti foto kopi KTP dan STNK. Setelah semua persyaratan lengkap, PT JIEP memberikan kartu atau pass masuk ke Kawasan Industri Pulogadung.

“Kartu free pass yang diberikan JIEP berlaku selama satu tahun. Per orang dapat mendaftarkan maksimal dua kendaraan, setelah masa berlaku kartu habis pemohon dapat mengajukan perpanjangan ke Project Management Unit (PMU) Gate PT JIEP di gedung Graha Daya Guna Jalan Pulo Buaran V,” ujarnya.

Kini di KIP terdapat 9 pintu akses palang otomatis yang pengoperasiannya menggunakan cara manless system dengan smart card, serta 3 pintu portal tutup. Smart card diberikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan seperti investor dan tenant yang resmi terdaftar di JIEP dan jumlahnya ditentukan sesuai dengan konversi lahan parkir yang digunakan oleh para investor dan tenant di KIP.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar