13 Februari 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Pantau Pelanggar Lalin, Dishub Balikpapan Pasang 19 CCTV

Ilustrasi

Fungsi pengawasan lalu lintas sedang ditingkatkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan. Selain melalui personel langsung di lapangan, Dishub Balikpapan berencana memasang 19 unit CCTV di Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL) dan beberapa titik lain yang rawan kemacetan, kecelakaan dan parkir liar.

Kepala Dishub Balikpapan, Sudirman Djayaleksana, mengatakan, penanganan parkir liar di kawasan tertib lalu lintas seperti Jalan Jenderal Sudirman sudah ditangani bersama Satlantas Polres melalui patroli dan penilangan. Namun karena keterbatas anggaran, pelanggaran kerap terjadi berulang-ulang.

"Tahun ini akan dipasang CCTV, monitoringnya nanti dari ruangan di Kantor Dishub. Nanti juga ada speaker, jadi bisa langsung ditegur. Nanti 19 dipasang di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MT Haryono," katanya.

Sudirman menjelaskan lebih jauh, dua ruas jalan tersebut dianggap paling memerlukan CCTV. Jalan MT Haryono merupakan kawasan blackspot, dimana sering terjadi laka lantas. Sementara Jalan Jenderal Sudirman merupakan KTL. "Nanti dari ruang kontrol, kalau ada parkir sembarangan yang termonitor dari CCTV, akan diteriaki petugas, biar dia (pengendara) malu," imbuhnya.

Selain dua ruas jalan tersebut, CCTV juga sebagian akan dipasang di Jalan Syarifuddin Yoes yang dianggap sebagai kawasan blackspot dan terjadi laka lantas. Pemasangan rencananya akan dilakukan di 2018 pada triwulan ketiga nanti. "Anggaran sudah ada, saya tidak ingat berapa. Karena kan memang ini banyak perangkatnya, bukan CCTV-nya saja," ujar Sudirman.

Meski kewenangan soal CCTV ada pada Dishub, namun menurut Sudirman pihaknya juga akan sharing ke Polres Balikpapan. Aplikasi untuk pemantauan sudah tersedia di playstore, yakni Traffic Management Control (TMC). "Bisa dibuka, ada 15 titik simpang. Tahun ini ditambah 19 lagi, dan akan kami tarik koneksinya ke Polres agar bisa monitoring," katanya.

Selain pemantauan lalu lintas, dengan adanya CCTV juga diharapkan dapat memantau terjadinya kriminalitas agar cepat terdeteksi. "CCTV ini juga bisa merekam sampai sebulan. Dengan ini diharap bisa menutupi kekurangan personel," paparnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar