15 Februari 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Tahun Ini Akan Ada 484 CCTV Pantau Situasi di Makassar

War Room Pemkot Makassar

Pemkot Makassar bakal menambah pemasangan CCTV untuk memantau kondisi dan situasi di Kota Makassar. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar sebelumnya sudah memasang 134 CCTV pada 2017. Untuk tahun ini, rencananya CCTV akan ditambah hingga 484 CCTV.

"Saat ini kita baru punya 134 CCTV, 115 dari pemerintah kota dan 19 itu dari bantuan pihak swasta. Tahun ini kita berharap bisa memasang sampai 484 CCTV," kata Kepala Bidang Pengembangan Informasi dan Aplikasi Telematika, Denny Hidayat.

Dia menjelaskan, pihak swasta kembali membantu pengadaan CCTV sejumlah 290 unit di tahun 2018. Rinciannya, 200 unit CCTV siap untuk dipasang di seluruh titik, sementara 90 unit CCTV lainnya masih dalam tahap survei lapangan. Ditambah unit 60 CCTV juga dari pihak swasta yang sifatnya CSR. "Sebagian barangnya sudah ada di lantai 10 Balaikota, tinggal di integrasikan," ujar Denny.

Pemasangan CCTV tersebut, lanjut Denny, akan ditempatkan di seluruh objek vital di Kota Makassar. Contohnya sekolah, tempat ibadah, serta gedung pemerintahan. Kamera pengintai itu juga akan dipasang di traffic light untuk melihat kondisi kemacetan di Kota Makassar.

Dia juga menegaskan seluruh tempat usaha dan pengelola videotron wajib memasang CCTV sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pemerintah. Hal itu berdasarkan perwali 4/2017 tentang Tentang Penyediaan dan Pemasangan CCTV pada Bangunan Gedung.

Menurutnya, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika pengusaha memasang CCTV sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah. Pasalnya, CCTV tersebut akan terintegrasi dengan War Room yang terletak lantai 10 gedung Balai Kota.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar