21 Februari 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

AnyVision dan Nvidia Garap Pengenalan Wajah Berakurasi Tinggi

Ilustrasi

Sebuah teknologi pengenalan wajah berakurasi tinggi sedang dikembangkan oleh perusahaan startup keamanan AnyVision dan Nvidia. Teknologi pengenalan wajah ini akan diaplikasikan di CCTV dan akan memindai dan mengidentifikasi wajah di muka umum dengan kapasitas operasional 24/7.

Chip grafik Nvidia akan dipakai untuk menghidupkan platform pengenalan wajah yang dikembangkan AnyVision. Jika teknologi ini berhasil, kamera CCTV masa depan akan memiliki fitur pengenalan wajah yang secara otomatis dapat mengidentifikasi dan melacak individu. Informasi yang tertangkap kamera secara live akan dikirimkan ke mesin yang kemudian dianalisa dengan algoritma komputer dan pemantauan manusia, lalu dibandingkan dengan basis data yang ada.

Sistem yang canggih dapat menemukan hubungan antara “kontak dan kolaborator” dengan menggunakan jaringan sosial. Namun, kedua perusahaan tidak menyebutkan jaringan sosial mana yang akan digunakan sebagai basis data.

Menurut klaim AnyVision yang berbasis di Israel, teknologi yang sedang dikembangkan ini nantinya dapat mengenali wajah orang yang hendak dilacak di tengah-tengah kerumunan, dengan tingkat akurasi lebih dari 99%. AnyVision berharap bahwa teknologi CCTV ini dapat digunakan untuk mencari teroris, kriminal atau orang hilang.

“Dengan memanfaatkan teknologi Nvidia, infrastruktur CCTV yang telah ada saat ini di berbagai kota di dunia akan berubah menjadi jaringan kamera pintar modern yang dapat melakukan persepsi real-time yang dapat ditindaklanjuti dengan akurasi tak terkalahkan, untuk meningkatkan keamanan masyarakat,” kata AnyVision.

AnyVision menambahkan bahwa mereka akan melindungi data pribadi yang dikumpulkan kamera CCTV. AnyVision juga memiliki aplikasi yang nantinya dapat diakses di smartphone dan tablet, dengan informasi terkait lokasi, foto dan live feed dari kamera CCTV.

“Dengan memanfaatkan teknologi Nvidia, infrastruktur CCTV yang telah ada saat ini di berbagai kota di dunia akan berubah menjadi jaringan kamera pintar modern yang dapat melakukan persepsi real-time yang dapat ditindaklanjuti dengan akurasi tak terkalahkan, untuk meningkatkan keamanan masyarakat.” Kata AnyVision.

AnyVision menambahkan bahwa mereka akan melindungi data pribadi yang dikumpulkan kamera CCTV. AnyVision juga memiliki aplikasi yang nantinya dapat diakses di smartphone dan tablet, dengan informasi terkait lokasi, foto dan live feed dari kamera CCTV.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar