15 Maret 2018 | Reza - Redaksi | CCTV

Seluruh Aset Pemerintah di Kalteng Bakal Diawasi CCTV

Kawasan Kantor Gubernur Kalimantan Tengah

Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berencana memasangkan kamera pengawas (CCTV) di seluruh kantor instansi milik pemerintah, guna meningkatkan pelayanan dan pengawasan kinerja. Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskoimfosantik) Kalteng, Herson B Aden memastikan, kamera pengawas ini tidak hanya dipasang di lingkungan perkantoran Satuan Organisasi Perangkat Deerah (SOPD), tapi pada 2018 ini semua Samsat dan pelabuhan juga akan dipasang CCTV.

Memang sejauh ini belum ada pelabuhan yang terpasang CCTV. Untuk itu kedepan, pelabuhan di daerah pelosok seperti Pelabuhan Rangga Ilung di Barito Selatan pun akan dipasang CCTV, dengan menggunakan solar panel. Lebih lanjut dia mengatakan, untuk pengawasannya nanti tetap dilakukan oleh SOPD bersangkutan. Misalnya pengawasan pengangkutan pertambangan dilakukan oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pengawasan pengangkutan perkebunan oleh Dinas Perkebunan, pengawasan Samsat oleh Badan Pendapatan Daerah, pengawasan disiplin ASN oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD)

“Pemasangan di pelabuhan akan dilakukan bekerja sama dengan Pelindo dan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP). Sehingga selain memasang CCTV yang baru, juga akan meminta akses CCTV milik Pelindo dan KSOP, sehingga dengan sistem ini, maka kapal yang lalu langan di sekitar pelabuhan akan terpantau. Namun semuanya dikembalikan ke SOPD-nya masing-masing, kami hanya siapkan sistemnya saja, namun bukan kami yang mengawasi dan menyipulkannya.”

Dia berharap, kedepan CCTV tersebut tidak hanya dipantau oleh pimpinan daerah saja, namun melalui aplikasi tertentu, masyarakat juga bisa mengaksesnya. Sehingga masyarakat bisa ikut memantau setiap pekerjaan yang dilakukan. “Pemasangan CCTV ini, bertujuan untuk meningkatkan kinerja, meningkatkan kedisiplinan ASN, dan pelayanan publik, karena dengan dipasangnya CCTV tersebut, maka pengawasan akan lebih tinggi,” pungkasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar