10 April 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

FLIR Suplai Teknologi Termal untuk Kamera Drone DJI Zenmuse XT2

DJI Zenmuse XT2

Teknologi sensor termal (pencari panas) akan segera diterapkan pada salah satu kamera untuk drone dari DJI, yaitu DJI Zenmuse XT2. Kamera bersensor ganda tersebut akan dipersenjatai dengan teknologi sensor termal oleh FLIR Systems.

DJI Zenmuse XT2 adalah kamera drone yang digunakan aplikasi komersial dengan menggabungkan fungsi dua sensor kamera dan gimbal yang sangat stabil pertama di pasaran. Kolaborasi ini juga merupakan yang pertama dilakukan oleh DJI dan FLIR. Sebelumnya, FLIR meluncurkan program kemitraan 'Thermal by FLIR', dimana kamera DJI Zenmuse XT2 termasuk di dalamnya.

Dengan dipasangkannya sensor termal pada kamera Zenmuse XT2, maka aplikasi pengamatan dari udara untuk kawasan industrial dan tempat publik akan menjadi lebih maksimal. Kamera pesawat nirawak ini terdiri dari dua sensor yakni video 4k beresolusi tinggi dan pencitraan termal radiometrik juga dengan resolusi tinggi.

Berkat dua sensor di kameranya, pilot drone dapat memilih salah satu dari kedua sensor tersebut untuk pengawasan, tergantung dari kebutuhan saat drone sedang terbang. Zenmuse XT2 juga menggunakan teknologi FLIR lainnya yaitu MSX (multispectral dynamic imaging). Teknologi tersebut dapat memperjelas citra dari panas dan juga memperbaiki kualitas gambar dan perspektifnya di saat bersamaan.

Kamera Zenmuse XT2 ini sangat cocok bila dipasangkan ke drone DJI seri Matrice 600 dan Matrice 200 serta sudah terintegrasi dengan teknologi transmisi data DJI agar video bisa dilihat secara live. Integrasi secara penuh ini membuat tugas pilot drone lebih mudah karena bisa mengontrolnya secara realtime dan melakukan perekaman secara gambar termal. Fleksibilitas ini juga memungkinkan pilot untuk mendapatkan data dobel dalam satu kamera saja.

"Kehadiran DJI Zenmuse XT2 dengan sensor FLIR akan meningkatkan pengawasan secara maksimal bagi para pemakai drone di kawasan industrial, karena dengan satu kamera, maka akan didapat dua gambar sekaligus. Pilot dapat mengumpulkan gambar tanpa harus mendarat, seperti memonitor area produksi dan mengidentifikasi calon permasalahan pada suatu gedung. Adalah misi kami untuk menghadirkan teknologi termal untuk keselamatan hidup dan lingkungan," kata President & CEO FLIR, James Cannon.

"Sejak diluncurkannya pada 2015, kamera FLIR telah mendapat banyak permintaan karena kamera ini dapat mengubah drone DJI menjadi alat yang sangat berguna untuk penggunaan di area industri. Kami sangat senang untuk mengembangkan produk-produk selanjutnya. Diharapkan kamera Zenmuse XT2 yang mudah digunakan ini dapat berguna bagi segmen komersial," tambah President DJI, Roger Luo.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar