12 April 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Cegah Korupsi, ULP Kabupaten Rokan Hulu Pasang CCTV

Ilustrasi

Untuk menciptakan proses pengadaan barang/ jasa yang berintegritas, transparan, bebas intervensi dan korupsi di Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Barang/ Jasa Sekretariat Daerah Rokan Hulu (Rohul), Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang/ Jasa Pemerintah Kabupaten Rohul, akan memasang CCTV di seluruh ruangan BLP.

Ruangan tersebut meliputi ruangan Kelompok Kerja (Pokja) hingga ke ruangan tamu. Pemasangan CCTV diharapkan mengurangi ruang gerak oknum rekanan dan oknum Pokja dalam melakukan kerja sama atau persekongkolan pada proses pelelangan.

Kepala BLP Setdakab Rohul, Samsul Kamar, mengatakan pemasangan CCTV Ini juga untuk meningkatkan kepuasan publik dan sebagai wujud keterbukaan. "Dengan dipasangnya CCTV, maka semua aktivitas di wilayah BLP sudah terpantau dan terekam oleh CCTV," katanyanya.

Selain itu, lanjut Samsul, ULP Rohul juga telah menggunakan SPSE (Sistem Pengadaan Secara Elektronik) versi 4.2 dalam proses pelelangannya. Dengan pengaplikasian dua teknologi tersebut, ULP Rohul hingga saat ini merupakan salah satu ULP di Provinsi Riau yang telah menerapkan lelang melalui SPSE versi 4.2. Sedangkan sejumlah daerah lain masih menggunakan SPSE versi 3.6, atau baru sebagian kecil yang sudah menggunakan SPSE versi terbaru ini.

Pemasangan CCTV dan digunakannya SPSE versi 4.2, Samsul berharap praktek korupsi dapat dicegah, atau paling tidak langkah tersebut dapat mengurangi karena pada dasarnya korupsi dan intervensi lebih pada mentalitas para penyelengara, baik panitia, aparat pemegang kekuasan dan tentunya rekanannya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar