Share

Ajang Asian Games 2018 di Kota Palembang yang tinggal hitungan bulan, membuat Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan, memaksimalkan langkah pengamanan dengan memanfaatkan teknologi canggih. Salah satunya adalah dengan mematangkan Operasional Command Centre yakni pelatihan Pengembangan pusat layanan terintegrasi berbasis teknologi bagi personil Polda Sumsel yang akan dijadikan operator di Command Centre.

Kabid TI Polda Sumsel Kombes Pol Abdul Latief Maulana Said mengatakan, pelatihan Command Center meliputi pelatihan operasionalisasi dari pada video analitik, kemudian pelatihan operasionalisasi dashboard Command Center. Diantaranya adalah dengan aplikasi unggulan berupa face record nations dan plate numbers record nations.

Face record adalah teknologi pengenal wajah pelaku tindak pidana yang bisa memicu alarm. Jadi apabila pelaku sudah terdata dan ketahuan mesuk ke komplek olahraga Jakabaring, maka alarm di Command Center akan berbunyi. Selain pelaku tindak pidana yang terdata, di Command Center juga pelat nomor kendaraan bermotor pun juga dapat didatakan dan termonitor.

"Memang peralatan yang kami hadirkan di Command Center adalah peralatan yang sangat canggih untuk pengamanan kota Palembang dan pengamanan Asian Games 2018," kata Kombes Abdul Latief Maulana, baru-baru ini.

Dia menambahkan, seluruh kegiatan di semua venue komplek Jakabaring sudah terpantau melalui CCTV, begitu pula dengan titik-titik rawan kemacetan dan tindak pidana. Command Center ini diharap dapat menciptakan situasi dan kondisi kondusif selama penyelenggaraan Asian Games 2018 dan sesudahnya.

Related Articles

Fire Alarm Card image cap
  denny  21 February 2017
 21 February 2017
CCTV Card image cap
  denny  24 September 2018
 24 September 2018
CCTV Card image cap
  denny  20 July 2017
 20 July 2017
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.