23 April 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Setiap Persimpangan di Sidoarjo Bakal Dilengkapi CCTV

CCTV Sidoarjo

Kemacetan lalu lintas dan tindak kejahatan di jalan raya merupakan masalah klasik yang dihadapi oleh kota-kota besar di Indonesia, tak terkecuali di Sidoarjo, Jawa Timur. Untuk meminimalisir kedua masalah tersebut Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sidoarjo akan melengkapi semua persimpangan di Sidoarjo dengan kamera CCTV.

"Totalnya kami rencanakan ada sekitar seribu CCTV yang bakal dipasang di berbagai titik, di semua wilayah Sidoarjo. Tak hanya di kawasan kota saja, namun dipasang juga di jalan-jalan penghubung antar desa," kata Kepala Dishub Sidoarjo Bahrul Amiq, belum lama ini.

Bahrul menjelaskan, penyebaran kamera CCTV tersebut disebabkan kepadatan lalu lintas yang sudah semakin merata, tidak hanya di jalan-jalan protokol melainkan sudah ke jalan-jalan penghubung desa. "Dengan CCTV, petugas bisa memantau kondisi lalu lintas sepanjang waktu. Jika diperlukan, diskresi atau penataan juga dapat dilakukan dengan cepat," ujarnya.

Selain itu, CCTV di Sidoarjo diakui Bahrul saat ini masih sangat minim. Selama ini, diakuinya CCTV di Sidoarjo masih sangat minim. Terhitung baru ada 16 CCTV di jalan-jalan protokol. Seperti di Jalan Gajahmada, Jalan Sultan Agung, Cokronegoro, perempatan Gubernur Suryo dan sejumlah jalur protokol lain.

Maka dari itu, Dishub Sidoarjo merencanakan pemasangan CCTV di berbagai titik. Selain di perempatan, kamera pengintai juga bakal dipasang di Penerangan Jalan Umum (PJU). Jarak satu CCTV dengan yang lain tidak lebih dari 200 meter.

"Tujuannya agar semua area bisa terpantau. Sebab, fungsi CCTV bukan hanya untuk mengatasi kemacetan lalu lintas saja, tapi juga bermanfaat dalam penanganan lalu lintas dan sebagainya," sambungnya.

Tak hanya itu, CCTV juga penting untuk penanganan kriminalitas. Seperti diketahui, kejahatan jalanan dan kepadatan lalu lintas sudah tidak hanya di kota, tapi juga kerap terjadi berbagai wilayah. Seperti di Waru, Sukodono, Wonoayu, Krian, Jabon, dan sebagainya yang berada di pinggiran kota.

Bahrul juga menambahkan, titik-titik yang sudah dipasangi CCTV, kedepannya juga bakal dilengkapi dengan pengeras suara. Supaya imbauan kepada masyarakat bisa langsung disampaikan lewat pengeras suara yang sudah terkoneksi dengan pusat pengendali CCTV.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar