24 April 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Tekan Kemacetan, Mataram Kini Dilengkapi ATCS Canggih

ATCS Mataram

Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram tengah memasang perangkat canggih yakni Area Traffic Control Sistem (ATCS). Perangkat tersebut digunakan untuk menekan angka kemacetan karena mampu mengompilasi berbagai macam data tentang kepadatan arus lalu lintas di titik pengamatan dan juga dapat mengambil alih kendali lampu lalu lintas.

Perangkat yang terdiri dari kamera CCTV dan traffic light tersebut akan dikendalikan melalui tampilan banyak video dari ruang pusat komando yang terletak di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mataram.

Kepala Dishub Kota Mataram, H Khalid, mengatakan harga ATCS tersebut secara keseluruhan mencapai Rp3 miliar. Namun pihaknya menambah Rp 600 juta untuk pemugaran ATCS di satu titik, yakni di simpang Bank Indonesia perwakilan NTB. “Rp 3 miliarnya kita dapat dari bantuan kementerian perhubungan, sedangkan dana pendamping APBN dari APBD sebesar Rp 600 juta,” ungkapnya.

Dia merinci, dana sebesar itu sudah termasuk perangkat lain di ruang kontrol ATCS, ditambah lima buah CCTV yang akan dipasang di titik-titik rawan Kota Mataram. "Titik-titik tersebut ada di Ampenan, Sayang-Sayang, Rembiga, Selagalas, dan jalan TGH Faisal," ujar Khalid.

Lebih lanjut, ATCS akan sangat membantu memudahkan pihak Dishub mengurai kemacetan di kota. Selain bisa mengamati secar realitme kemacetan di berbagai titik, traffic light yang selama ini bekerja berdasarkan timer bisa dikontrol secara manual melalui room control ATCS di Dishub.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar