15 Mei 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Kedacom Tawarkan Solusi Pengenal Wajah untuk Keamanan Perkotaan

Demo produk Kedacom yang diprakarsai PT Tricode Inovasi Teknologi

Solusi keamanan melalui CCTV ternyata tak terbatas pada perangkatnya saja, namun dibutuhkan teknologi pendukung di belakangnya (backend) agar tercipta kondisi keamanan menyeluruh. Sementara salah satu teknologi di belakang sistem pengawasan video yang saat ini marak digunakan adalah pengenalan wajah.

Kedacom adalah salah satu penyedia solusi pengenalan wajah tersebut. Perusahaan yang berasal dari kota Suzhou, China, selain membuat kamera CCTV, juga membuat teknologi berbasis deep learning agar sistem pemantauan dapat beroperasi secara maksimal.

"Kami menekankan pentingnya teknologi di belakang kamera CCTV. Teknologi tersebut berguna untuk mengolah sebuah rekaman untuk tujuan tertentu. Misalnya teknologi pengenalan wajah, dapat digunakan para petugas berwenang untuk mengenali seseorang yang mencurigakan dan mereka bisa langsung mengambil aksi sebelum orang tersebut membahayakan individu lain," kata Regional Sales Manager Kedacom, Ngaliman Ng.

Ditemui saat melakukan demo produk di Jakarta, belum lama ini, Ngaliman merasa solusi pengenalan wajah Kedacom cocok diterapkan di Indonesia yang memiliki populasi warga cukup banyak. "Solusi video surveilans plus pengenal wajah kami adalah salah satu dari tiga merek yang digunakan oleh pemerintah China. Dan kami termasuk yang memberikan pasokan paling besar," paparnya.

Solusi pengenalan wajah bernama Falcon ini, menurut Ngaliman, memiliki beberapa fitur terbaik di kelasnya. Contohnya, Falcon dapat dengan cepat melakukan perekaman, menyocokkan, dan mendeteksi wajah seseorang. Dalam satu gambar, Falcon dapat mendeteksi 18 orang sekaligus.

"Selain itu, Falcon mampu menyimpan daftar hitam (blacklist) sebanyak 10 juta wajah orang. Dalam menyocokkan satu wajah seseorang ke dalam 1 juta blacklist, Falcon hanya membutuhkan satu detik saja, bahkan kurang," jelasnya.

Sebagai informasi, demo produk solusi surveilans Kedacom di Indonesia ini diprakarsai oleh PT Tricode Inovasi Teknologi, yang berperan sebagai pemasar dan sistem integrator Kedacom di Indonesia untuk produk-produk dan solusi-solusi yang mereka miliki. PT Tricode Inovasi Teknologi juga mengundang beberapa mitra bisnis mereka di acara ini.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar