16 Juni 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Polisi Oregon Pakai Sistem Pengenal Wajah Amazon

Ilustrasi

Institusi penegak hukum Washington County, Oregon, Amerika Serikat, menggunakan sistem pengenal wajah dari Amazon, Rekognition, untuk membantu sistem pengawasan di kawasan perkotaan. Mereka memanfaatkannya untuk mengenali wajah orang-orang yang dicurigai sebagai pelaku kriminal.

Menurut dokumen yang didapatkan oleh American Civil Liberties Union atau ACLU, dalam memanfaatkan Rekoginition, polisi Washington County melakukan perjanjian kerahasiaan dengan Amazon agar informasi mengenai sistem baru pengawasan di tempat keramaian tidak tersebar ke masyarakat.

Dengan memanfaatkan Rekognition ini, polisi bisa mengaktifkan teknologi pengenalan wajah yang terpasang di kamera CCTV. Seperti yang dilansir oleh BetaNews belum lama ini, Polisi Washington County harus membayar sekitar USD 12 atau sekitar Rp 170 ribu per bulan untuk bisa menggunakan Rekognition.

Nantinya, pengenalan wajah di kamera Rekognition yang memungkinkan polisi Washington County untuk mengenali para pelaku kejahatan dengan sebelumnya mencocokkan hasil rekam visual dengan database yang tersimpan di server mereka. Sayang, belum ada keterangan resmi dari instansi penegak hukum tersebut.




Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar