10 Juli 2018 | Andri - Redaksi | CCTV

Cara Mengatur Kamera Outdoor untuk Mengawasi Perkebunan

Netgear Arlo Go

Kamera outdoor pada dasarnya digunakan sebagai perangkat keamanan untuk mencegah terjadinya pencurian. Tetapi kenyataannya, kamera pengawas ini juga bisa digunakan untuk memata-matai hewan peliharaan maupun mengawasi kebun tanaman dari hewan pemakan tanaman, seperti kambing dan kelinci, maupun hewan lainnya.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana caranya memanfaatkan kamera pengawas luar ruangan menjadi kamera pengawas perkebunan? Pastinya cukup mudah, hanya perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan kamera pengawas luar ruangan. Ada banyak brand yang beredar sekarang ini, namun kali ini akan menggunakan kamera Netgear Arlo Go yang berkemampuan LTE. Kamera ini menggunakan koneksi seluler 4G LTE dengan daya tahan baterei yang
cukup bertenaga.

Setelah kamera disiapkan, selanjutnya menginstal aplikasi Netgear Arlo ke dalam ponsel. Aplikasi bisa diinstal pada perangkat Android maupun iOS. Aplikasi ini nantinya berfungsi untuk memonitor kamera pengawas. Tapi sebelumnya perlu menghubungkan terlebih dahulu kamera dengan aplikasi.

Cara mengkonfigurasinya mudah, cukup tekan tombol "sync" pada kamera, pindai kode QR di aplikasi, beri nama kamera sesuai dengan yang diinginkan dan selanjutnya pilih paket seluler. Perlu diketahui, ada banyak opsi layanan yang ditemui di aplikasi ini. Salah satunya, jika Arlo terputus dari jaringan selulernya dan kamera padam, maka secara otomatis kamera merekam secara lokal ke kartu microSD. Untuk itu, perlu ditanamkan kartu microSD dengan dukungan data hingga
32GB ke kamera.

Selanjutnya, posisikan kamera di tempat yang tepat agar dapat melihat keseluruhan kebun secara optimal. setelah terpasang, kamera sudah dapat melakukan pengawasan dan bila kamera menangkap aktivitas di area kebun akan ada peringatan masuk. Dan jika ada yang mengunyah sayuran di kebun, tekan tombol alarm di app untuk membunyikan sirene Arlo Go. Pastinya, sirene tersebut dapat menakut-nakuti apa pun yang ada di daerah perkebunan.

 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar