11 Juli 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Pemkot Surabaya Akan Memasang Kamera CCTV Rahasia

Ilustrasi

Tindak lanjut Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam mengamankan wilayahnya dari berbagai aksi kriminal akan lebih ketat dengan pemasangan CCTV canggih. Kamera CCTV tersebut disebut oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, bukan yang bertipe biasa, namun bisa melacak warga atau kendaraan yang mencurigakan.

Walau tidak memaparkan secara detail teknologi dan lokasi mana saja yang akan dipasangi kamera CCTV tersebut, namun Risma mengatakan bahwa kamera pengawas itu akan dapat dikoneksikan dengan ponsel petugas berwenang secara real time. Sehingga akan mempermudah kerja polisi dalam menanggulangi aksi kriminal.

"Kami sudah beli software-nya. Jadi orang atau kendaraan dapat kami ikuti di mana posisinya. Sepanjang tertangkap dan terekam kamera," ucap Risma, Rabu (11/7/2018). Namun untuk menjaga kerahasiaan, Risma mewanti agar para staf Pemkot Surabaya tidak membeli kamera fisiknya melainkan untuk membuatnya sendiri. "Ya kami bisa saja membeli (kameranya). Tapi nanti bocor rahasia negara," tuturnya.

Ia kembali menjelaskan, keberadaan kamera CCTV canggih tersebut bukan bertujuan untuk melanggar privasi warga, melainkan agar kewaspadaan dan stabilitas Kota Surabaya tetap terjaga. Apalagi sejumlah aksi kejahatan skala nasional terjadi di sejumlah tempat di Indonesia beberapa waktu lalu.

Contohnya saja serangan teroris yang terjadi di Kota Surabaya beberapa waktu lalu, diharapkan dapat dihalau dengan teknologi kamera ini. "Karena satu dari sejuta orang, kemungkinan memiliki paham yang berbeda," pungkasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar