Share

Jumlah aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) roda dua di Kecamatan Lowokwaru, Malang, Jawa Timur, mulai terlihat ada penurunan. Jika sebelumnya bisa 10 sampai 20 motor yang hilang dalam sepekan, saat ini jumlah tersebut sudah turun menjadi empat sampai lima unit motor per minggunya.

Kawasan Kecamatan Lowokwaru memang terkenal dengan tindak pencurian motor. Di kawasan ini, banyak terdapat pusat keramaian, kampus dan kost-kostan. Menurunnya jumlah ranmor itu karena Polsek Lowokwaru menggalakkan program Ngobrol Pintar (Ngopi). Terlebih lagi banyak warga yang saat ini memasang CCTV secara sukarela.

Kapolsek Lowokwaru, Kompol Pujiyono, mengatakan program Ngopi ini menjadi sarana warga untuk saling berdiskusi. Diskusi tersebut digunakan untuk mencari solusi-solusi terkait permasalahan yang ada di sekitar lingkungan mereka sendiri.

Ditambah lagi, menurunnya jumlah curanmor di Lowokwaru berkat patroli rutin anggota polisi serta terpasangnya beberapa titik CCTV di rumah-rumah warga. "Sekarang masyarakat banyak yang pasang CCTV di kos-kosannya, seperti di kawasan Merjosari. Sehingga saat ini terpantau untuk keamanannya. Dulu semua jajaran intel, reskrim, binmas semua turun saat tes maba dan terbukti nggak ada yang hilang," terangnya.

Namun meskipun begitu, sekali lagi pihaknya mengimbau warga agar tetap selalu waspada terhadap hal-hal yang mencurigakan dan jangan segan melapor kepada polisi jika memang menemui hal-hal yang meresahkan masyarakat. "Parkir motor ditempat yang aman, yang lebih terpantau, pasang kunci ganda dan atau pasang alaram. Jika memungkinkan lebih baik juga memasang CCTV di tempat tinggalnya sebagai antisipasi tindak kejahatan seperti curanmor atau lainnya," tuturnya.

Related Articles

CCTV Card image cap
  denny  17 April 2017
 17 April 2017
CCTV Card image cap
  denny  22 May 2019
 22 May 2019
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.