08 Agustus 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Kapolres Bulungan Imbau Pemkab dan Swasta Pasang CCTV

Ilustrasi

Sinergitas dan dukungan antara kepolisian, masyarakat dan pemerintah saat ini sangat dibutuhkan untuk menciptakan dan menjaga keamanan daerah. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Bulungan, AKBP Muhammad Fachry. Dirinya meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan untuk memasang CCTV di sejumlah lokasi rawan kriminal.

Menurut Fachry, keberadaan CCTV dinilai penting dalam mempermudah pengungkapan kasus yang ditangani aparat hukum. "Kami memerlukan dukungan dari berbagai pihak, baik itu Pemkab Bulungan atau swasta untuk memasang CCTV di beberapa tempat yang dianggap rawan," katanya.

Dia mengakui saat ini memang ada beberapa kasus yang masih belum terungkap, khususnya masalah pencurian. Oleh sebab itu, jika ada CCTV yang memantau kondisi di tiap sudut kota, bukan tidak mungkin akan terlihat kegiatan yang dilakukan para pelaku tersebut.

“Sebenarnya kami sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah. Hanya saja untuk realisasinya kami belum tahu, itu tergantung pemerintah saja. Tapi kami tentu berharap pemasangan tersebut bisa dilakukan secepatnya,” tuturnya.

Tak hanya pemerintah, pemilik usaha pertokoan atau pihak swasta lainnya juga sangat diharapkan partisipasinya untuk dapat memasang CCTV di areanya masing-masing. “Begitupun di tempat-tempat umum, seperti masjid atau gereja dan tempat ibadah lainnya,” sebutnya.

Masih menurut Fachry, dengan pemasangan CCTV tersebut di tempat-tempat rawan kecelakaan dan aksi kriminalitas, dianggap cukup efektif dalam membantu kerja kepolisian. “Apalagi, selama ini beberapa kasus dapat ditangani secara cepat melalui rekaman CCTV,” paparnya.

Dalam memberikan pelayanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat, Fachry menilai hal tersebut sudah menjadi kewajiban pihak kepolisian di masing-masing wilayah hukumnya. Namun polisi juga tentu membutuhkan bantuan dari semua pihak.

“Hanya saja untuk realisasinya kita tunggu pemerintah saja. Terlebih pengadaan CCTV juga kan tidak mudah, karena pasti membutuhkan dana yang cukup besar. Tapi menciptakan keadaan kamtibmas yang kondusif itu menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama,” jelasnya.

Tak hanya untuk memantau para pelaku kejahatan, melalui CCTV nantinya juga akan dapat memantau Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) di Kabupaten Bulungan. Untuk itu pemasangan CCTV di titik rawan tindakan kriminal diharapkan juga bisa di realisasikan pemerintah. “Karena, ini menyangkut keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat Kabupaten Bulungan,” pungkasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar