10 Agustus 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Awas! Buang Sampah Sembarangan ke Sungai Solo Bisa Terekam CCTV

Ilustrasi

Aksi buang sampah sembarangan di seluruh sungai Kota Solo oleh warga kian memprihatinkan. Untuk mencegah hal tersebut terus-menerus terjadi, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana memasang kamera CCTV di jembatan-jembatan yang berada di atas sungai Kota Solo.

Sekretaris Satpol PP Solo, Arif Darmawan, mengatakan bahwa kamera pengawas ini diyakini akan lebih efektif dan efisien mengawasi aksi tidak terpuji itu. Selain itu, keberadaan CCTV juga akan membantu keterbatasan petugas Satpol PP yang mengawasi seluruh jembatan di Kota Solo. "Jadi akan lebih efektif jika dipasang kamera CCTV. Nanti terekam pelat nomor kendaraan yang membuang sampah di sungai,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, pemasangan CCTV di jembatan akan diajukan Pemkot dalam APBD 2019. Namun Arif juga mengaku tak akan mudah mengubah perilaku warga agar tak membuang sampah ke aliran sungai. Padahal ada aturan denda sebesar Rp50 juta dan hukuman tiga bulan kurungan bagi pelaku pembuang sampah di sungai.

Meski demikian, Satpol PP tetap menerjunkan petugas patroli rutin menggunakan sepeda dari kampung ke kampung. Jumlah petugas yang disebar tersebut ada 18 orang. Namun para pelaku nekat membuang sampah ke aliran sungai saat petugas lengah. “Jadi sekarang kami tidak secara khusus mengawasi buang sampah ke sungai. Kalau dulu memang ada petugas yang kami tempatkan untuk jaga di jembatan,” paparnya.

Sebagai informasi, sungai-sungai yang tercemar sampah di Kota Solo adalah Sungai Gajah Putih, Kali Anyar, Kali Pepe, Sungai Brojo, Sungai Jenes, dan Sungai Bayangkara. "Selain menyebabkan banjir dan pendangkalan, sampah rumah tangga itu membuat air sungai tercemar bakteri Escherichia coli (e-coli)," pungkasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar