18 September 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Seperti Jakarta, Jambi Akan Terapkan E-Tilang CCTV

Ruang COC Jambi

Para pengguna jalan di Kota Jambi mulai sekarang harus lebih berhati-hati dan menaati segala peraturan lalu lintas. Jika melanggar, maka sanksi yang diberlakukan berupa tilang secara elektronik (e-tilang) dan buktinya dapat dilihat melalui rekaman CCTV yang tersebar di 14 titik Kota Jambi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jambi, Saleh Ridha, mengatakan CCTV tersebut terkoneksi melalui ruang City Operation Center (COC) yang berada di Kantor Wali Kota Jambi. “Ruangan COC ini kan bisa merekam semua kejadian. Jadi kalau ada pelanggaran lalu lintas akan diberlakukan e-tilang dan jika ada kejahatan, akan langsung bisa ditindak langsung oleh kepolisian,” tegasnya.

Meski belum menjelaskan bagaimana mekanisme e-tilang melalui CCTV tersebut, namun Saleh mengaku hal ini harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan beberapa pihak, termasuk kepolisian.

Menurutnya lagi, pembangunan Area Treffic Control System (ATCS) dan CCTV ini dibantu oleh APBN tahun 2018 senilai Rp 3,5 miliar yang dibangun di 3 simpang. Sementara melalui dana APBD senilai 800 juta dibangun ATCS dan Rp 1 miliar untuk pembangunan gedung COC. “Mudah-mudahan 2019 dapat bantuan lagi senilai Rp 2,5 miliar untuk bangun 5 ATCS lagi. Jadi nanti kita punya 10 ATCS,” ujarnya.

Sementara itu, plt Gubernur Jambi, Fahrori Umar, mengatakan bahwa saat ini Jambi sudah menjelma menjadi kota pintar. Hal tersebut diperkuat dengan keberadaan CCTV yang dilengkapi pengeras suara yang ada di beberapa persimpangan di Kota Jambi.

Dia berharap, engan adanya CCTV ini, bisa meningkatkan kepatuhan pengendara terhadap arus lalu lintas. Sehingga tingkat pelanggaran arus lalu lintas dan kecelakaan bisa berkurang. "Alat ini memang sangat canggih sekali, jadi bisa dibilang Kota Jambi sudah bersaing dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Sebagai informasi, ke 14 CCTV yang difungsikan di Kota Jambi berada di titik-titik seperti Simpang Honda, Simpang kantor camat Kotabaru, simpang lima Jelutung, simpang 4 Talang banjar, simpang masjid An Nur, Simpang Mayang, Simpang Bukit Baling, simpang Hotel BW, simpang Bata, simpang 4 Jelutung, simpang tiga Mandiri Gatot Subroto, simpang Bank indonesia, simpang Tugu Keris, dan simpang 4 Persijam.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar