20 September 2018 | Angga - Markom Seagate | CCTV

6 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Jika Ingin Memasang CCTV

Seagate SkyHawk 14 TB

 

1. Jenis Kamera

Ada beberapa macam dan tipe CCTV, namun dua tipe yang paling populer adalah DVR dan NVR. DVR adalah CCTV yang memiliki basis penyimpanan secara manual ke harddisk atau DVD, hasil rekamannya bisa diakses melalui hard disk penyimpanannya. Sedangkan NVR adalah CCTV yang penyimpanannya berbasis jaringan, jadi rekamannya dapat dilihat secara live bahkan melalui smartphone.

 

2. Komponen Pendukung

Perangkat CCTV memiliki komponen pendukung penting seperti pengkabelan dan media penyimpanan. CCTV berjenis DVR memerlukan kabel tipe Coaxial untuk menghubungan ke perangkat penyimpanan. Kabel ini mirip dengan kabel yang sering digunakan untuk perangkat antena televisi. Sedangkan untuk CCTV NVR, dibutuhkan kabel LAN karena berbasis jaringan internet. Biasanya pengguna akan berinvestasi juga di monitor pengawas.

 

3. Resolusi Kamera

Umumnya, resolusi lebih besar berarti gambar yang dihasilkan lebih baik. Namun sekarang ada faktor X, yaitu AI atau kecerdasan buatan. AI pada CCTV biasanya berfungsi untuk mempertahankan keutuhan gambar sehingga kita bisa mendapatkan hasil akhir rekaman yang bagus dan utuh. 

 

4. Media Penyimpanan

Hard disk sebagai media penyimpanan utama dari CCTV sangat penting perannya. Karena CCTV biasanya digunakan selama 24 jam 7 hari seminggu, tentunya hal ini memerlukan hard disk yang mumpuni. Ketangguhan untuk bertahan dari kerusakan bad sector atau bad firmware untuk menyelamatkan data saat terjadi kerusakan adalah fitur penting yang harus dimiliki. Hard disk khusus CCTV di pasaran yang sudah ada contohnya adalah Seagate SkyHawk, yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan serta optimal untuk pengawasan dengan AI.

 

5. Jumlah Kamera

Luas daerah yang diawasi menentukan jumlah CCTV yang diperlukan. Semakin banyak CCTV, semakin besar pula ruang media penyimpanan yang diperlukan. Saat ini sudah tersedia hard disk khusus CCTV seperti Seagate Skyhawk dengan kapasitas 14 TB, dan mampu mengolah streaming data hingga 64 kamera HD.

 

6. Ketahanan dan Pemulihan Data

Data CCTV yang sangat berharga bisa jadi rusak bahkan hilang ketika kita ingin mengaksesnya. Pastikan Anda memilih hard disk khusus CCTV yang memiliki kinerja dan ketahanan khusus untuk kinerja sistem pengawasan. Untuk mempersiapkan diri terhadap risiko kerusakan atau kehilangan data, tanyakan opsi garansi pencadangan serta pemulihan data sebelum Anda memilih merek hard disk Anda. Vendor-vendor spesialis sistem pengawasan tertentu seperti Seagate menawarkan fitur Rescue Data Recovery selama 2 tahun, dan juga perangkat lunak SkyHawk Health Management yang mengawasi kondisi hard disk CCTV sepanjang waktu.



Markom Seagate

Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar