Share

Rangkaian uji coba tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) mulai dicoba hari ini, Senin 1 Oktober 2018. Dinas Perhubungan DKI Jakarta pun akan memasang rambu pendahulu petunjuk jalan (RPPJ) di ruas jalan yang akan menjadi uji coba.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, memastikan RPPJ akan terpasang sore ini. "Karena kami baru mendapat info dan butuh waktu untuk memproduksinya. Untuk sementara waktu kami gunakan mobile VMS (Variable Message Signs),” kata Sigit, Senin pagi.

RPPJ akan menjadi panduan bagi para pengendara di sekitar Monas, Arjuna Wijaya serta simpang Sarinah, Jakarta Pusat, bahwa akan berlaku penegakkan hukum secara elektronik. Sigit menuturkan uji coba yang dilakukan hari ini untuk mengetahui secara pasti perolehan bukti pelanggaran.

“Jadi kinerja alat dan prosedur penegakan hukumnya yang berubah dari manual ke elektronik. Misalkan ada pelanggaran marka, maka mulai hari ini petugas tidak lagi mendapatinya lewat pantauan fisik. Hal semacam inilah yang ingin disosialisasikan ke masyarakat,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berencana menerapkan sistem E-TLE di sepanjang Jalan Sudirman dan M.H. Thamrin. Kepolisian sebelumnya sudah memasang kamera CCTV berdefinisi tinggi di persimpangan yang dianggap rawan pelanggaran lalu lintas.

Related Articles

News Card image cap
  andri  13 December 2018
 13 December 2018
Fire Alarm Card image cap
News Card image cap
  andri  9 September 2019
 9 September 2019
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.