07 November 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Diskominfo Manado Mulai Tentukan Titik CCTV E-Tilang

Command Centre Manado

Rencana penerapan tilang elektronik (e-tilang) dengan mengandalkan kamera CCTV di Kota Manado, Sulawesi Utara, sudah sampai pada tahap penentuan lokasi pemasangan CCTV. Sementara itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Manado menyiapkan sarana dan prasarana persiapan e-tilang.

Menurut salah seorang pejabat Diskominfo Kota Manado, kamera e-tilang tersebut nantinya akan dipasang di tiga titik strategis, di antaranya traffic light (TL) di Paal Dua, Jalan Toar dan Teling. Jika program ini terealisasi, Manado akan menjadi kota kedua setelah Jakarta, yang telah memberlakukan e-tilang.

Tak jauh berbeda dengan sistem e-tilang yang ada di Jakarta, sistem e-tilang Manado nantinya akan fokus mengamati pengendara yang tertangkap kamera CCTV melakukan pelanggaran lalu lintas. Setelah melakukan pelanggaran maka pelat nomor kendaraan akan diolah melalui database untuk menemukan data-data pemiliknya.

Setelah terbukti dan terdeteksi melakukan pelanggaran, sebuah surat tilang akan sampai ke rumah pengendara yang melakukan pelanggaran. Yang bersangkutan tentunya harus membayar denda di bank, yang besaran jumlahnya berbeda-beda sesuai jenis pelanggaran.

Sanksi tegas juga akan diberlakukan jika pengendara yang terbukti melanggar tidak juga membayar denda tilang hingga waktu yang telah ditentukan. Sanksi tersebut berupa pemblokiran STNK kendaraan sehingga tak dapat diperpanjang lagi.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar