12 November 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Pecahkan Rekor, Penjualan Kamera Wi-Fi Tembus US $1 Miliar

Kamera Wi-Fi Arlo

Pasar video surveilans untuk hunian di seluruh dunia tiap tahun terus bertumbuh. Salah satu yang menyebabkan peningkatan tersebut adalah penggunanya dapat mengontrol langsung sistem pengawasan mereka dari mana dan kapan saja.

Pertumbuhan penjualan produk kamera CCTV Wi-Fi 2018 pun diyakini melewati rekor penjualan tahun sebelumnya. Pada 2017, total pendapatan merek kamera Wi-Fi seperti Arlo, Nest dan beberapa lainnya sudah mencapai USD 966 juta. Untuk tahun ini, diperkirakan angka tersebut akan tembus mencapai USD 1,1 miliar.

Menurut laporan yang dikeluarkan IHS Markit, Amerika Serikat menjadi negara yang paling besar dalam menyumbang penjualan kamera CCTV mandiri tersebut. "Pengguna kamera dapat mengakses dan melihat rekaman menggunakan smartphone mereka, serta berbagi klip video melalui media sosial atau berbicara dengan keluarga mereka melalui kamera yang dilengkapi audio dua arah. Kamera Wi-Fi sudah menjadi seperti 'pintu gerbang' ke rumah, memperluas penggunaannya dari hanya sekedar fungsi keamanan," ungkap Blake Kozak, Principal Analyst, Smart Home & Security Technology IHS Markit.

Beberapa tantangan yang dihadapi dalam pasar pada segmen ini adalah perkembangan resolusi kamera dan transisi ke kualitas 4K, serta penyertaan analitik dan kualitas baterai. Secara global, kamera tipe ini yang memiliki resolusi 4K di pasaran hanya berjumlah di bawah satu persen. Untuk 2018, kamera yang beresolusi 720p adalah produk yang paling dibeli konsumen.

"Resolusi kamera adalah salah satu pengukuran yang penting bagi para vendor untuk memamerkan kualitas produknya kepada pengguna. Resolusi adalah fitur yang lazim dan paling dimengerti konsumen, hal ini berdasarkan pengalaman mereka yang sudah lebih dahulu membeli perangkat seperti monitor, TV, ponsel pintar dan lainnya," tutur Kozak.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar