12 November 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Uji Coba Jalan Berbayar, Alat ERP Dilengkapi Pemindai dan CCTV

Uji Coba ERP

Penerapan uji coba jalan berbayar di beberapa ruas jalan di DKI Jakarta akan didukung oleh perangkat Electronic Road Pricing (ERP). Perangkat berupa tiang tersebut sudah terpasang di Jalan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, di depan gedung Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

Alat yang terdiri dari beberapa pemindai dan kamera CCTV tersebut dilengkapi layar monitor yang bertuliskan Uji Coba ERP dan Gambar beberapa jenis kendaraan yang terkena sistem ERP, diantaranya mobil, motor, dan bus.

Namun, untuk diketahui saat ini ERP masih dalam proses lelang. Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, menyebutkan ada tiga perusahaan yang saat ini akan diseleksi menjadi penyedia teknologi ERP.

Seleksi dilakukan dengan uji teknis dalam bentuk Proof of Concept (POC) yang diuji coba mulai 14 November 2018 mendatang. "Rencananya mulai 14 November kita akan melaksanakan uji teknis dalam bentuk POC (proof of concept)," ujar Sigit di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat lalu.

Sigit mengatakan, ada 205 kendaraan dengan berbagai jenis yang akan dipasangi alat untuk mengetahui kemampuan teknologi dari penyedia ERP. "Ada yang dipasangi OBU (on board unit), 205 kendaraan ada roda dua, roda empat, bus, truk," papar Sigit. Menurutnya lagi, uji coba yang akan berlangsung secara terbatas selama 20 hari pada 205 kendaraan yang terpasang OBU saja.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar