13 November 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Pantau Lalu Lintas, Dishub Balikpapan Tambah CCTV Tahun Depan

Control Room ATCS Balikpapan

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan akan menambah jumlah kamera CCTV di jalan-jalan perkotaan untuk memantau arus lalu lintas. Kepala Dishub Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana, mengatakan pihaknya saat ini sedang menyusun rencana kerja dan anggaran ke DPRD Balikpapan.

Sudirman menjelaskan, pihaknya belum memastikan jumlah CCTV yang akan ditambahkan pada 2019 mendatang. Namun dia menegaskan bahwa perangkat Area Traffic Light Control System (ATCS), atau sistem pengendalian lalu lintas dengan menyelaraskan lampu merah, tidak akan ditambah. "Saat ini di seluruh simpang sudah cukup ATCS," imbuhnya.

Saat ini, terdapat total 51 kamera CCTV yang terpasang di simpang maupun ruas-ruas jalan seluruh Kota Balikpapan. Dari seluruhnya, terdapat dua jenis CCTV yang memiliki fungsi berbeda. CCTV yang ada di persimpangan bisa mengatur lampu merah atau traffic light, dari control room yang ada di kantor Dinas Perhubungan.

"Sementara kamera pengawas yang ada di ruas-ruas jalan difungsikan untuk memantau kondisi lalu lintas secara live, agar pada saat terjadi kecelakaan atau pelanggaran lalu lintas. Petugas kami yang langsung monitor dari control room," pungkasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar