06 Desember 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Jalur Pendakian Gunung Bromo Akan Dipantau CCTV

Ilustrasi

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pasuruan saat ini sedang mengkaji rencana pemasangan kamera CCTV di sejumlah lokasi pariwisata yang berada di Kabupaten Pasuruan. Selama ini, Dishub Kabupaten Pasuruan merasa keberadaan kamera CCTV yang tersebar di sejumlah titik dirasa masih kurang.

"Karena keberadaan CCTV di daerah CCTV masih kurang, Dishub berencana menambah CCTV lagi. Termasuk, di lokasi wisata. Rencana itu sedang digagas," kata Kepala Dishub Kabupaten Pasuruan, Heri Yitno, kepada awak media, Rabu (5/12/2018).

Namun menurutnya, tak semua lokasi wisata akan dipasang CCTV melainkan hanya memberi prioritas kepada lokasi wisata tertentu seperti di pendakian Gunung Bromo. Dipilihnya lokasi itu, berkaitan dengan keberadaan Terminal Wisata Pasrepan yang mulai beroperasi tahun depan. “Ini bagian dari upaya mengintegrasikan terminal wisata,” ujarnya.

Heri melanjutkan, terminal tersebut menjadi transit wisatawan terkait lokasi wisata yang akan dituju. Dengan adanya CCTV di area wisata, maka akan mempermudah petugas di terminal wisata. Terutama, dalam memantau situasi di area wisata tujuan. “Melalui pantauan CCTV itu, wisatawan yang transit dapat diketahui langsung di lokasi wisata yang dituju,” tuturnya.

Keberadaan kamera CCTV di jalur pendakian tersebut, diharapkan Heri bisa memantau situasi di lokasi wisata secara langsung dari segi transportasi, suhu, hingga tingkat keramaian. Selain itu, rencananya pemasangan CCTV itu juga dilakukan di lokasi wisata lain. Dengan harapan lokasi itu dapat dijangkau melalui terminal wisata.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar