09 Januari 2019 | Denny - Redaksi | CCTV

Pedestrian Jalan Suroto Yogya Mulai Dipasangi CCTV

Ilustrasi

Untuk menjaga fasilitas umum dari tindakan vandalisme, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melakukan pemasangan CCTV di jalur pedestrian Jalan Suroto. Pemasangan CCTV ini baru memasuki tahap awal yakni di dua titik.

"Kami sudah pasang CCTV pada Selasa kemarin tapi ini baru tahap awal. nanti akan kami perbanyak karena penganggaran masih berproses," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Kominfosan) Kota Yogya, Tri Hastono.

Dua titik lokasi yang dipasang CCTV tersebut ialah di samping perpustakaan daerah yang menyorot jalur pedestrian dari sisi barat, serta di ujung utara untuk memantau boulevard. Sedangkan titik lain juga telah terpetakan, di antaranya di bagian tengah dan ujung selatan. Sedikitnya dibutuhkan lima unit CCTV agar seluruh jalur pedestrian di Jalan Suroto bisa teramati dengan baik.

Tri Hastono menjelaskan, CCTV yang dipasangnya memiliki fungsi menyorot dan merekam secara otomatis. Seluruh hasil rekaman juga tersimpan dalam data base dengan kapasitas cukup besar. "Selama 24 jam CCTV itu kami hidupkan. Saat malam hari, kualitas gambar juga cukup bagus," jelasnya.

Diakuinya, pemasangan kamera itu salah satunya untuk mengantisipasi perusakan jalur pedestrian Jalan Suroto dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini lantaran sehari usai diresmikan, sejumlah fasilitas guiding block bagi tunanetra diketahui hilang.

Tidak tanggung-tanggung, terdapat 40 lempeng dari stainless steel di tiga lokasi yang hilang. Hilangnya lempeng tersebut pun ditengarai disengaja untuk dicuri sehingga aparat kepolisian juga turut melakukan penelusuran.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar