09 April 2019 | Denny - Redaksi | CCTV

Kabupaten Badung Sudah Pasang 578 CCTV Di Titik-titik Strategis

Badung Command Center

Bali merupakan destinasi wisata yang terkenal hingga mancanegara. Agar keamanan wisatawan lokal maupun internasional terjamin, Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, memasang ratusan kamera CCTV yang seluruhnya dipusatkan di Kuta.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung, I Wayan Weda Dharmaja, mengatakan saat ini ada 578 unit CCTV yang tersebar di Kabupaten Badung. Seluruhnya dipasang pada titik-titik strategis, terutama di lokasi wisata.

"Dalam menentukan titik-titik strategis tersebut, kami juga melibatkan Dinas Perhubungan, TNI dan Polri. Namun saat ini kami prioritaskan di wilayah Kuta. Semua data dan rekaman dari ratusan CCTV tersebut dikumpulkan dan dipantau dari data center dan command center kami," kata Weda, baru-baru ini.

Dia menjelaskan lebih lanjut, meskipun Pemkab Badung menjadi pihak yang bertanggung jawab untuk mengadakan dan memelihara kamera pengawas ini, tapi berbagai badan pemerintah lain juga bisa memanfaatkan data yang didapat.

Misalnya, polisi bisa meminta rekaman video untuk mencari tersangka atau Dinas Perhubungan bisa memantau keadaan lalu lintas via ratusan kamera yang ada. "Kepolisian bisa memantau video dari CCTV kami sehingga mereka bisa merespons kejadian lebih cepat," ungkapnya.

Weda membandingkan, sebelum adanya pengawasan CCTV, kepolisian dan pecalang (polisi tradisional Bali) hanya bisa bergerak jika ada laporan dari korban. Selain ditampilkan di command center, video yang direkam melalui kamera pengawas juga bisa dilihat melalui smartphone. Namun, tidak semua orang memiliki hak untuk melihat video itu. Video itu juga dilindungi oleh kata kunci.

Selain itu, Weda menegaskan, rekaman ini dilindungi oleh enkripsi. Tujuannya adalah untuk mencegah video yang direkam dipublikasikan ke beragam media sosial. "Rekaman kamera CCTV jika disalahgunakan bisa mengganggu privasi orang lain," tuturnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar