Share

Kasus kekerasan yang menimpa beberapa sekolah di Amerika Serikat telah membuat pihak sekolah untuk meningkatkan keamanan dengan menerapkan sistem pengawasan yang dapat mendeteksi ancaman dari luar.  Sekolah Washington Township, menjadi salah satu sekolah yang turut membekali pengawasan sekolahnya dengan kelengkapan kamera buatan Hanwha Techwin. Sejumlah kamera Wisenet yang cerdas dengan video analitik onboard telah dipasang di seluruh distrik sekolah, mulai dari taman kanak-kanak hingga kelas dua belas.

Sekolah Washington Township yang berlokasi di New Jersey, merupakan sekolah umum yang terdiri dari 11 sekolah mulai dari  taman kanak-kanak hingga kelas dua belas. Berada di lingkungan pedesaan, tampaknya sekolah ini akan jauh dari kasus kekerasan atau penembakan. Namun, Pengelola Washington Township,  Keith Neuhs, berpendapat lain. Menurutnya, semua insiden yang terjadi belakangan ini justru berada di lingkungan pedesaan yang mirip dengan di New Jersey di mana orang menganggap standar keamanan yang dimiliki rendah.

“Kita tidak boleh mengabaikan masalah keamanan, karenanya kami berusaha meminimalkan kemungkinan terjadinya hal buruk pada siswa kami. Dewan Kota Washington telah berupaya untuk meningkatkan keamanan dan akhirnya memutuskan untuk membangun sistem keamanan yang paling canggih secara teknologi untuk keselamatan siswa dan karyawan,” ujar Neuhs.

Setelah dipertimbangkan, kamera surveillance Hanwha Techwin yang terdiri dari Wisenet seri X,P dan Q akhirnya digunakan di seluruh gedung dan sekeliling bangunan yang mencakup pintu masuk, pintu keluar, lorong,  gimnasium, kafetaria, taman bermain, serta jalur mobil dan jalan trotoar yang mengelilingi sekolah.

Kamera dome Wisenet X series XNV-6020R IR dipasang di bagian luar pintu, sementara kamera fisheye IR XNF-8010RV dipasang di sepanjang bagian luar gedung. Berkat dukungan IR, pemantauan selama 24 jam nonstop dapat dilakukan meski dalam kondisi malam yang gelap. Tidak ketinggalan, analitik onboard pada seri X membuat kemampuan analitik video yang cerdas (appear, disappear, loitering) dan klasifikasi suara (deteksi ledakan, pecahan kaca, tembakan, dan teriakan). Hanwha Techwin juga menghadirkan VMS yang memungkinkan administrator Washington Township, petugas keamanan, dan penegak hukum lokal memiliki akses penuh ke sistem untuk pemantauan rutin dan dalam keadaan darurat.

Berkat ini, semua pengguna dapat sepenuhnya memanfaatkan fitur analitik terintegrasi yang memungkinkan pemantauan efisiensi tinggi. Kamera-kamera ini juga mengirimkan peringatan 911 segera ketika sebuah tembakan terdeteksi, kemudian akan memicu sekolah untuk masuk ke mode penguncian, lampu strobo menyala di seluruh gedung, kemudian peringatan pemberitahuan darurat dikirim ke administrator di sekolah dan di distrik.
Kamera lainnya yang turut melakukan pemantauan adalah kamera panoramic multi-sensor Wisenet PNM-9020V yang ditaruh di bagian luar gedung. Kamera ini dilengkapi empat sensor 2MP untuk memantau area luas dengan jangkauan 180°.  Kemudian Wisenet QNV-7080R yang mendukung resolusi 4MP digunakan untuk memantau lorong sekolah yang sempit dan panjang. Dibekali juga dengan IR, membuat kamera seri Q ini dapat mengambil gambar yang jelas dan tajam dalam kondisi remang-remang ataupun gelap.

Disampaikan, proyek ini berjalan bekerjasama dengan solusi akses kontrol  untuk menghasilkan solusi pemantauan dan perekaman video yang mencakup deteksi tembakan dan pemberitahuan 911 jika terjadi penembakan sekolah. “Dewan sekolah dan saya sangat terkesan dengan kamera seri X karena analitiknya yang kuat, termasuk fitur pendeteksian tembakan. Uniknya lagi, teknologi analitik audio Hanwha yang dapat mendetaksi tembakan dan pecahan kaca. Ini membuat kami merasa sangat aman dibandingkan sekolah lainnya ,” tutup  Neuhs.

Related Articles

News Card image cap
Access Control Card image cap
CCTV Card image cap
  sukron  14 July 2016
 14 July 2016
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.