Pengendara di Gunung Kidul Akan Diawasi CCTV Berpengeras Suara

Ilustrasi

Sebanyak 22 kamera CCTV tambahan telah rampung dipasang oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, DIY. Selain itu, perangkat pengeras suara (voice announcer) juga ditambahkan di CCTV tersebut agar dapat menertibkan para pengendara.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Gunungkidul, Sunarjo, mengatakan selain untuk memantau lalu lintas, CCTV juga berguna dalam memantau aktivitas masyarakat dan dapat membantu pihak kepolisian dalam mengungkap kasus.

“CCTV ini dapat digunakan untuk merekam jejak pelaku kejahatan karena CCTV beroperasi selama 24 jam. Kedua alat tersebut dipasang di beberapa titik yang telah disesuaikan dengan kepadatan lalu lintas dan pertimbangan rawan kecelakaan," katanya, Selasa (9/7/2019).

Dirinya menjelaskan, hingga saat ini sudah terpasang CCTV di berbagai daerah seperti Hargodumilah Kecamatan Patuk, daerah Putat, depan kantor Kecamatan Playen, titik 0 Kota wonosari, depan kantor BRI , dan di lampu merah Jeruk, Wonosari.

“CCTV yang dipasang dapat berputar (PTZ - red) sehingga dapat melihat simpang satu ke simpangan jalan lainnya. Jika terpantau ada pengendara yang melanggar dapat langsung kami peringatkan melalui voice announccer," pungkasnya.

Leave a Comment


Send Comment