27 April 2016 | Desy - Redaksi | Fire Alarm

Cegah Kebakaran Hutan dengan Alarm Rumah Burung!

Cegah Kebakaran Hutan dengan Alarm Rumah Burung!

Insan periklanan besar, David Ogilvy, pernah berkata, “Kembangkan keeksentrikanmu ketika masih muda. Dengan begitu, ketika kau sudah tua, orang-orang tidak akan menganggapmu mulai tidak waras.” Jadi ini dia ide eksentrik, yang mungkin agak gila dari Emilio dan Pouline, yang menyebut diri mereka sebagai pasangan kreatif di Ogilvy & Mather, Madrid.

Pada 2015, hampir 40 persen Spanyol Utara terbakar. Metode pencegahan kebakaran belum berubah selama 40 tahun, jadi ketika terjadi kebakaran, nyaris mustahil untuk tiba di tempat kejadian tepat waktu untuk memadamkannya. Jika situasi ini berlanjut, hampir semua hutan di Spanyol Utara akan hilang dalam waktu 15 tahun, dan begitu juga dengan beberapa spesies aslinya.


 

Jadi mereka mengembangkan Alarm Rumah Burung yang pintar ini; di dalam rumah burung (yang tentu saja dibuat dari produk daur ulang), terdapat detektor asap berbasis Arduino bertenaga surya dan telepon seluler yang akan melaporkannya ke pemadam kebakaran setempat.

Ini merupakan proyek Generali, sebuah perusahaan asuransi besar, yang “sesuai dengan programnya untuk melindungi lingkungan dalam cara yang inovatif dan berkesinambungan.”

Mereka mengatakan ini merupakan prototipe yang akan dikembangkan untuk diimplementasikan di seluruh dunia. Bahkan, ini bisa menjadi pangsa pasar yang besar bukan hanya untuk pepohonan, mereka yang memiliki kabin atau rumah mungil di daerah terpencil akan ingin memiliki sesuatu seperti ini, sebuah alarm kebakaran seluler nirkabel bertenaga surya. Semuanya tersimpan di dalam rumah burung. Bentuknya unik, imut, dan sangat berguna.



 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar