16 Agustus 2016 | Denny - Redaksi | Fire Alarm

Mahasiswa UI Pamer Kebolehan Drone Pemadam Api

Sekelompok mahasiswa dari Universitas Indonesia berhasil mendemokan operasional pesawat tanpa awak (drone) yang bisa memadamkan api. Khalayak yang datang di acara Pameran Nasional Karya Kreatif Pemuda Bidang Teknologi Informasi Perangkat Keras di Wisma Kemenpora, Jakarta, Jumat (12/8/2015), sempat dibuat takjub.

"Drone ini kita rakit sendiri dan pernah menjadi juara harapan pada lomba di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 2015 lalu," ujar Aufa, mewakili mahasiswa UI yang mendemokan drone bernama Garuda Indonesia ini.

Aufa menjelaskan, drone ini dilengkapi dengan material rangka utama berbahan fiber dan alumunium dengan bobot 2,2 kg. Garuda juga memiliki durasi terbang hingga 15 menit dengan kecepatan pada horizontal speed 3,5 meter/detik dan pada vertical speed 2,5 meter/detik.

“Robot ini terbang dengan 4 rotor yang dirancang dan dirakit sendiri tanpa menggunakan kit dan mampu terbang dengan mode manual menggunakan remote control atau secara autonomous berdasarkan panduan dari hasil image processing atau menggunakan titik koordinat yang dijadikan waypoint,” papar mahasiswa teknik elektro ini.

Berkat kemampuannya, drone Garuda mampu memadamkan titik-titik api dengan menggunakan media pemadaman berupa hembusan angin dari baling-baling quadcopter ketika berada di ketinggian sekitar dua meter dari titik api.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar