23 September 2016 | Reza - Redaksi | Fire Alarm

Siswa SD Asal AS Ciptakan Alat Pencegah Kebakaran

Foto : Kai Hatten dan Alat Pencegah kebakaran Ciptaannya

Kreativitas memang tidak bisa dibatasi usia. Contohnya Kai Hatten, siswa di White Pine Elementary School, Boise, Amerika Serikat (AS). Berawal dari pengalaman pribadinya melihat peristiwa kebakaran yang terjadi di dekat tempat tinggalnya, bocah kelas 6 Sekolah Dasar itu seakan berjanji kepada diriya sendiri untuk tidak melihat kejadian yang serupa di lain waktu.

Hasilnya, Kai berhasil menciptakan alat canggih untuk mencegah kebakaran. Alatnya berupa saluran yang tahan bakar dengan empat sensor diletakkan pada saluran tersebut. Lebih jauh dia menjelaskan, saluran tersebut memiliki empat lubang yang mengarah ke api. Selain itu, saluran juga terhubung pada sebuah tabung pemadam api kimia kering. "Sehingga ketika detektor panas hidup akan mengaktifasi lapisan paralel dan alat pemadam. Nanti alat pemadam akan menyemprotkan bahan untuk memadamkan api," ucap Kai

Ketika ditanya lebih jauh soal rencana ke depannya perihal keberadaan alat pemadam tersebut, Kai mengaku tengah mempertimbangkan untuk mematenkan inovasi alat pemadam kebakaran ciptaannya. Sementara itu Maria Manning Floch, guru Kai, mengaku sangat bangga terhadap pencapaian Kai. Maria menuturkan, Kai memberi gambaran bahwa anak-anak juga dapat memikirkan masalah yang terjadi secara nyata hingga menemukan penyelesaiannya. "Ini hanyalah proses identifikasi masalah dan bagaimana menemukan solusinya. Jika sejak dini mereka dilatih, maka akan timbul keinginan untuk berinovasi," puji Maria.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar