25 September 2016 | Reza - Redaksi | Fire Alarm

Dua Mahasiswa AS Temukan Pemadam Api Bertenaga Suara

Foto : Viet Tran dan Seth Robertson Tengah Mendemonstrasikan Alat Temuannya
Memadamkan api dengan air sudah menjadi hal yang biasa kita lihat sehari-hari, namun bagaimana jika memadamkan api menggunakan suara? Memang terdengar seperti cerita fiksi ilmiah, namun hal tersebut benar- benar ada dan nyata. Sepasang mahasiswa di George Mason University Amerika Serikat berhasil merancang sebuah alat yang mampu memadamkan api dengan menggunakan suara. 
 
Pencapaian dua mahasiswa teknik, Viet Tran dan Seth Robertson ini menjadi jawaban bagi para ilmuwan di seluruh dunia yang bertahun-tahun bermain-main dengan eksperimen menciptakan pemadam api menggunakan suara. Cara kerja alat portabel pemadam api ini sangat mudah, tinggal mengarahkan alat ke api, kemudian alat akan mengalirkan suara frekuensi rendah yang menciptakan gelombang tekanan di udara sekaligus menghalangi kontak api dengan oksigen di sekitarnya. "Ini terdengar seperti suara frekuensi rendah pada bunyi 'buk-buk' musik hip-hop," terang Tran.
 
Lebih lanjut dituturkan, saat ini proses mendapatkan hak paten tengah diurus. Setelah itu akan dilakukan sedikit perbaikan dan penyempurnaan alat karena rencananya mereka ingin memasarkan alat tersebut secara massal. "Akhirnya saya ingin melihat ini diterapkan, mungkin di tempat alat itu akan merekat pada drone untuk kebakaran hutan," tuntasnya.


Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar