12 Oktober 2016 | Reza - Redaksi | Fire Alarm

NFPA : Alarm Asap Perlu Diuji Bulanan dan Cek Masa Kedaluwarsanya

Foto : Ilustrasi Proses Smoke Detector Mendeteksi Asap

Pada Fire Prevention Week yang diselenggarakan pada tanggal 9-15 Oktober, National Fire Prevention Association's (NFPA) akan mengusung tema mengenai batas kedaluwarsa alarm asap hunian. Diangkatnya tema tersebut lantaran hasil penelitian NFPA menunjukan bahwa terdapat satu alarm asap di setiap satu rumah warga Amerika.

Namun, kebanyakan orang yang memiliki alarm asap di rumahnya tidak mengetahui dengan pasti berapa usia alarm mereka atau seberapa sering mereka perlu mengganti perangkat alarm asap di hunian mereka. Terkait itu Pemadam Kebakaran Somers, New York, Amerika Serikat ingin memastikan masyarakat tahu bahwa setiap alat alarm asap memiliki tanggal kedaluwarsa melalui acara Fire Prevention Week ini.

Asisten Kepala Pemadam Kebakaran Somers, Gary Schiessl, menuturkan untuk mengetahui berapa umur alarm asap dan tanggal kedaluwarsa hanya perlu melihat di bagian belakang alarm di mana tanggal pembuatan ditandai. Dia menambahkan, alarm asap harus diganti 10 tahun dari tanggal tersebut (bukan tanggal pembelian), selain itu alarm asap juga harus diuji berkala setiap bulannya, dan baterai harus diganti setahun sekali atau ketika mereka mulai memberikan sinyal suara yang menandakan bahwa baterai hampir habis.

"Alarm asap tidak bertahan selamanya. Sekitar 60 persen kematian kebakaran rumah terjadi di rumah yang memiliki alarm asap tapi tidak berfungsi atau tidak ada alarm asap sama sekali. Salah satu alasan alarm mungkin tidak bekerja adalah karena terlalu tua," tegasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar