15 Juli 2017 | Denny - Redaksi | Fire Alarm

Rentan Kebakaran, Damkar Cek Sistem Keamanan Rusun Pinus

Petugas Damkar mengecek sistem pengaman kebakaran Rusun Pinus Elok.

Rumah susun (rusun) adalah salah satu tipe bangunan yang rentan terhadap peristiwa kebakaran. Untuk menghindari bahaya tersebut, sistem keamanan dan pencegahan terhadap kebakaran harus menjadi sebuah standar yang wajib dipenuhi.

Baru-baru ini, Rusun Pinus Elok, Cakung, Jakarta Timur diperiksa oleh Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur. Kepala Seksi Operasional Sudin Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaiman menyampaikan, sistem proteksi dini kebakaran perlu dilakukan perawatan rutin.

"Langkah maintenance perlu dilakukan agar seluruh sistem proteksi kebakaran di Rusun Pinus Elok Cakung tersebut dapat bekerja maksimal saat dibutuhkan," papar Gatot, Rabu (12/7/2017).

Dia juga menambahkan, beberapa bentuk perawatan terhadap sistem proteksi dini kebakaran di Rusun Pinus Elok Cakung yakni mengecek instalasi hidran gedung, pompa air, sistem pemipaan, hingga panel alarm gedung.

"Kita juga cek kelengkapaan alat pencegah kebakaran seperti APAR yang harus tersedia di tiap lantai," terangnya. Tak hanya itu, pihaknya juga memastikan agar setiap rambu atau tanda jalur evakuasi telah terpasang guna memudahkan warga apabila terjadi kebakaran.

"Jadi tanda jalur evakuasi untuk penghuni rusun itu juga penting harus ada di setiap lantai agar warga bisa tahu jalur evakuasi yang benar apabila kebakaran terjadi," pungkasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar