15 September 2017 | Denny - Redaksi | Fire Alarm

Universitas Sriwijaya Gadeng Korporasi untuk Cegah Karhutla

Pendatanganan MoU dan MoA antara Unsri dengan PT Guthrie Pecconina Indonesia (PT GPI).

Dalam usaha mencari solusi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Universitas Sriwijaya (Unsri)  melakukan kerja sama dalam rangka membangun sinergi. Pasalnya kebakaran hutan ini sering di tangani oleh beberapa kalangan saja, namun dengan mengajak seluruh kalangan seperti Perguruan Tinggi, diharapkan bisa memberikan sebuah upaya antisipasi terhadap kebakaran hutan.

Rektor  Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE mengatakan kegiatan ilmiah ini di gagas dalam rangka pendatanganan MoU dan MoA antara Unsri dengan PT Guthrie Pecconina Indonesia (PT GPI).

Memasuki musim kemarau tahun 2017 kebakaran hutan dan lahan kembali melanda. “Kita harap kami sebagai peneliti bisa memberikan sebuah solusi atau upaya pencegahan agar kebakaran hutan tidam meluas,” ucapnya.

Oleh sebab itu, semua kalangan bisa memberikan sebuah ide dalam seminar ini. Seperti pencegahan dan penanganan yang melibatkan banyak instusi dan lembaga dari pusat hingga daerah. “Unsri juga berencana setelah MoU dan MoA, berbagai penelitian dosen dan mahasiswanya, bagaimana mereka bisa ikut serta melindungi hutan. Tidak hanya itu saja perangkat hukum juga harus memberikan peraturan undang-undang tentang pembakaran hutan,” paparnya.

Kegiatan ini juga merupakan kick off meeting, dimana semua unsur baik Unsri, PT GPI, Kepolisian dan masyarakat pun harus bersama-sama mencegah kebakaran hutan ini. “Kita harap dengan adanya konsep , model, dan strategi baru tehadap lahan gambut yang telah drainase dan terbakar dimasa lalu, sehingga tidak ada lagi kebakaran hutan di masa yang akan datang, sebab pencegahan ini sudah dari awal dilakukan,” katanya mengakhiri.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar