12 Desember 2017 | Denny - Redaksi | Fire Alarm

Pemkot Solo Pasang Puluhan APAR di 3 Pasar Tradisional

Ilustrasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali memasang puluhan alat pemadam api ringan (APAR) di sejumlah pasar di Kota Bengawan. Pasar yang dipasangi APAR tersebu di antaranya Pasar Sangkrah, Pasar Rejosari dan Pasar Kadipolo.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Subagiyo, mengatakan puluhan APAR tersebut merupakan bantuan dari corporate social responsibility (CSR) Bank Danamon yang diberikan kepada Pemkot Solo yang dilakukan belum lama ini.

“Sebelumnya kami sudah memasang ratusan APAR untuk pasar tradisional. Perangkat APAR ini dipasang untuk mengantisipasi kebakaran di lingkungan pasar-pasar tradisional,” ucap Subagiyo ketika dijumpai wartawan di Solo, belum lama ini.

Dia juga menjelaskan, dalam setiap pasar minimal ada 10 APAR yang terpasang. Selain itu, APAR harus selalu dicek secara rutin setiap enam bulan sekali untuk memastikan masih berfungsi atau tidak. Pemkot Solu juga akan rutin mengadakan pelatihan antisipasi kebakaran setahun sekali.

Menurut Subagiyo, langkah antisipasi kebakaran dinilai penting agar kasus kebakaran Pasar Klewer yang terjadi pada akhir Desember 2014 lalu tidak terulang kembali di pasar-pasar lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Solo Gatot Sutanto mengatakan 60 persen kasus kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek. Guna mengantisipasi kebakaran tersebut, Gatot mengaku terus memberikan sosialisasi dan simulasi penanganan jika terjadi bencana kebakaran.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar