07 Februari 2018 | Denny - Redaksi | Fire Alarm

Antisipasi Kebakaran, Damkar OKU Imbau Bangunan Sediakan APAR

Ilustrasi

Dinas Penanggulangan Bencana Kebakaran (DPBK) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Imbauan ini diberikan untuk mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran di musim kemarau mendatang.

Kepala DPBK OKU, Himda mengatakan, APAR adalah alat yang dapat menghentikan kobaran api. Jadi sebelum kebakaran membesar, api sudah bisa dipadamkan. Apalagi, di saat musim kemarau risiko kebakaran sangat besar terjadi. Salah satu penyebabnya dari hubungan arus pendek listrik.

Himda menuturkan, pihaknya saat ini sedang melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar menyediakan APAR di rumah dan bangunan masing-masing, terutama di bangunan bertingkat atau perkantoran. "Kalau bisa satu rumah minimal ada satu APAR," ucapnya, baru-baru ini

Tak hanya itu, Himda menegaskan bahwa untuk bangunan bertingkat dan gedung perkantoran semestinya ketersediaan APAR sudah menjadi hal yang wajib. Sebabnya, penyediaan APAR ini ada aturan dasar hukumnya. Apalagi sebuah bangunan baru perizinannya tidak bisa dikeluarkan jika tidak memenuhi syarat harus menyediakan APAR.

"Kalau ada rekomendasi dari DPBK dan menyediakan APAR baru dikeluarkan izinnya, bangunan bertingkat harus punya APAR minimal dua atau tiga tabung APAR. Sekarang kita baru sosialisasi dan menghimbau, apa lagi harga tabung dan isi APAR ini juga lumayan, jadi tidak semudah membalikan telapak tangan untuk kita mewajibkan seluruh rumah menyediakan APAR, tapi kita harapkan masyarakat menyediakan alat tersebut, karena untuk kemanan masyarakat itu sendiri," pungkasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar