13 April 2018 | Denny - Redaksi | Fire Alarm

Damkar Kab Bekasi Usul APAR Wajib Ada di Tiap Rumah

Ilustrasi

Sebagai salah satu alat mengantisipasi dini kebakaran, keberadaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sudah sewajarnya menjadi sebuah kewajiban. Untuk itu Dinas Kebakaran Kabupaten Bekasi mengusulkan agar APAR tersedia di setiap rumah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Sahat MBJ Nahor, mengatakan bahwa sebuah hunian wajib memiliki APAR minimal berjumlah satu tabung. Kewajiban memiliki APAR itu tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) No. 6 tentang Ketentuan Pencegahan, Penanggulangan Bahaya Kebakaran.

"Dengan APAR, maka api yang kobarannya masih kecil bisa dipadamkan segera, sambil menunggu petugas Damkar datang ke lokasi kebakaran," ucapnya, Jumat lalu. Ditambahkannya, APAR juga wajib tersedia di kantor pemerintahan dan swasta, pabrik, hotel, restoran, rumah makan, SPBU, pertokoan, tempat ibadah, hingga kendaraan.

Sahat mengakui, saat ini kesadaran dalam pengadaan APAR memang masih rendah. Untuk meningkatkannya, pihaknya beserta pihak terkait akan gencar melakukan sosialisasi. "Kita positif thinking saja, mungkin mereka belum punya karena belum tahu (Perda) makanya akan kita sosialisasikan," tutupnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar