23 April 2018 | Denny - Redaksi | Fire Alarm

Wallpaper Pintar Ini Bisa Menjadi Alarm Kebakaran

Ilustrasi

Shanghai Institute of Ceramics dan Chinese Academy of Science baru saja mengembangkan perangkat yang mampu menjaga rumah dari kebakaran. Uniknya lagi, perangkat tersebut merupakan sebuah kertas dinding (wallpaper) yang memiliki fungsi dapat mendeteksi kebakaran dan menahan kobaran api.

Penilitian yang dipublikasikan di ACS Nano dari American Chemical Society, para ilmuwan dan peneliti dari China tersebut menggunakan kertas anorganik tahan api dengan kawat nano khusus dan sensor yang sangat peka terhadap panas.

Cara kerjanya, ketika wallpaper terkena oleh paparan panas di tingkat tertentu, sensor di dalamnya dapat menghantarkan listrik, menyalakan lampu alarm, dan bel untuk memperingatkan orang di rumah maupun otoritas lain yang diperlukan.

Sensor wallpaper canggih ini dapat aktif ketika suhu mencapat 126,9 derajat celsius, bisa merespon selama dua detik, dan terus bekerja selama setidaknya lima menit bahkan saat terbakar.

Dalam penelitian tersebut juga dijelaskan, api kemungkinan akan menyebar lebih lambat dengan wallpaper pintar ini. Ia tidak hanya akan mencegah api menyebar, tetapi juga mengirimkan peringatan (notifikasi) dalam mencegah bencana kebakaran.

Wallpaper alarm kebakaran ini dibuat dalam beragam bentuk, warna, dan juga pola yang menarik, seperti wallpaper biasa. Sehingga membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik sekaligus aman dari kebakaran.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar