24 Mei 2019 | Denny - Redaksi | Fire Alarm

Alarm Asap Kidde Terbaru Kini Bisa Bedakan Asap Masakan

Alarm Asap Kidde terbaru

Salah satu yang kerap menjadi kendala bagi detektor asap adalah tidak bisa membedakan antara asap yang dihasilkan dari oven dengan asap yang berasal dari api sebenarnya. Namun hal tersebut akan segera berganti, berkat standar keselamatan UL yang mulai akan berlaku di tahun depan.

Secara spesifik, standar yang mengatur alarm asap, UL 217 Edisi ke-8, menyatakan bahwa alarm asap harus bisa membedakan antara asap yang dihasilkan dari kegiatan memasak dan asap yang mengandung unsur kedaruratan. Seluruh alarm asap yang sudah bersertifikasi UL, harus sudah mematuhi standardisasi tersebut mulai 29 Mei 2020.

Kidde (sebuah merk UTC), mengklaim bahwa mereka adalah pabrikan pembuat alarm asap perta yang menerima sertifikasi berdasarkan standar UL terbaru tersebut, dengan menambahkan sensor tambahan bernama TruSense.

Teknologi TruSense sendiri melambangkan metodologi pendeteksian yang lebih canggih. Saat partikel asap memasuki ruangan, setiap ukuran partikel itu akan dianalisis oleh serangkaian algoritma dan dikonsolidasikan ke dalam rasio untuk menentukan apakah partikel berasal dari api sungguhan atau gangguan lainnya.

Alarm terbaru Kidde ini juga memiliki kemungkinan meningkatkan keselamatan penghuni rumah. Pasalnya saat ini banyak perabot rumah yang memicu dan terbakar lebih cepat dibandingkan material lainnya. Biasanya material ini terbuat dari bahan sintesis seperti busa polyurethane.

"Pabrikan seperti Kidde secara aktif bekerja untuk memenuhi standar alarm asap terbaru, dan kami sangat senang melihat tanda UL yang ada di alarm asap terbaru untuk aplikasi perumahan produksi Kidde. Saya rasa perangkat ini akan lebih canggih lagi ke depannya," ujar Chris Hasbrook, vice president & General Manager, UL Building and Life Safety Division.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar