22 September 2016 | Reza - Redaksi | Intrusion System

Srisujak, Sensor Peringatan Penyusup Karya Anak Bangsa

Foto : Noviani dan Umi Mukholifah, Perancang Srisujak

Perkembangan zaman dan teknologi turut merangsang kreativitas anak-anak muda di Indonesia, seperti dua siswi SMK Negeri 1 Yogyakarta, Noviani dan Umi Mukholifah. Kedua gadis yang sama-sama berusia 16 tersebut merancang dan membuat sensor Sistem Peringatan Penyusup Jarak Jauh atau biasa disebut Srisujak.

Aplikasi berbasis android tersebut menjadi salah satu karya terbaik siswa SMK se-Yogyakarta. Hasil karya mereka memiliki kegunaan yang dirasa bisa cukup membantu terutama bagi masyarakat yang sering meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Srisujak diklaim mampu menelepon nomor pemilik rumah secara otomatis dalam kurun waktu satu menit setelah sensor mendeteksi adanya gerakan di dalam rumah.

Noviani mengungkapkan, sistem dapat bekerja sedemikian rupa dikarenakan adanya Sensor PIR HC 05 yang diletakkan di sisi atau sudut ruangan yang lokasinya hanya diketahui pemilik rumah. “Dari sensor mendeteksi maka pemilik bisa mendengar suara apakah itu orang atau binatang yang masuk ke rumah dan bisa melakukan langkah selanjutnya. Jadi bila ada pencuri masuk, tahu-tahu pemilik atau polisi datang dan tertangkap," jelas Noviani.

Kendati hasil karya mereka berdua masuk dalam kategori karya terbaik, namun kedua remaja yang masih duduk di bangku kelas XI ini masih akan terus melakukan pembaruan. Menurut mereka masih ada beberapa hal yang akan dikerjakan demi menyempurnakan Srisujak. "Kami masih punya PR, menambah alarm dan kamera biar bisa semakin maksimal. Pemilik bisa memantau langsung lewat layar handphone, rumah semakin aman," tambah Umi.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar