08 Desember 2016 | Denny - Redaksi | Intrusion System

Mahasiswa Lampung Rancang Pintu Otomatis Perangkap Maling

Ilustrasi pintu otomatis

M. Novan Yudha Satria, Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Lampung berhasil merancang pintu otomatis untuk menangkap pencuri yang mencoba masuk kediaman.

Dirinya menjelaskan, alat tersebut dirancang dengan menggunakan sensor gerak jenis passive infrared (PIR) tipe KC7783R agar keberadaan maling bisa terdeteksi mulai dari jarak 2 hingga 5 meter.

Selain itu, untuk menggerakkan pintu tambahan, ia menggunakan perangkat microcontroller Atmega8 untuk menutupnya secara otomatis. Sedangkan modul SIM900 dipakai di perangkat ini untuk mengirimkan pesan singkat pemberitahuan adanya maling.

Mengenai cara kerjanya, Novan menjelaskan sensor akan bekerja dengan mengirimkan sinyal ketika ada yang melewati. Setelah itu pintu akan bergeser akan tertutup secara otomatis sehingga maling tidak bisa keluar. Sistem juga akan mengirimkan peringatan berupa SMS ke pemilik rumah. "Pemilik rumah dapat segera melapor ke polisi untuk menangkap maling di rumahnya itu," ungkapnya, Selasa (22/11/2016).

Novan menambahkan, alat rancangannya ini adalah untuk melengkapi keberadaan kamera CCTV yang hanya merekam gambar. "Pintu otomatis perangkap maling ini diharapkan dapat meminimalkan kemungkinan pencurian sekaligus menangkapnya, sehingga pemilik rumah lebih tenang saat meninggalkan rumah," tuturnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar