22 September 2018 | Reza - Redaksi | Intrusion System

Perkuat Perimeter, Bandara San Jose Uji Coba Teknologi Intrusi Anyar

Bandara Internasional Mineta San Jose, California Amerika Serikat dipilih oleh Administrasi Keamanan Transportasi (TSA) sebagai salah satu bandara nasional yang dijadikan sebagai proyek percontohan dalam menguji teknologi untuk sistem pendeteksi intrusi dan pencegahan.

Peningkatan teknologi ini merupakan upaya pemerintah menutupi celah kelemahan keamanan perimeter bandara. Kabar gembira ini diumumkan oleh salah satu anggota Kongres Amerika Serikat, Eric Swalwell.

"Banyak bandara terlalu luas untuk memiliki personel yang mengawasi setiap inci perimeter. Tetapi teknologi baru dapat berfungsi sebagai kekuatan pengganda, memberi tahu kami ketika pelanggaran terjadi di mana saja, kapan saja, dan membantu kami menangkap penyusup sebelum mereka dapat membahayakan."

Untuk realisasi peningkatan teknologi ini, TSA akan menguji berbagai teknologi seperti kamera video, penyaringan di bawah kendaraan, perangkat lunak analitik, radar, microwave, inframerah, laser, pagar dan sensor. Skema pengamanannya; radar, microwave dan sensor infra-merah pasif dipergunakan di cakupan area yang lebih luas dan tak bisa diakomodir oleh kamera pengawas standar.

Sedangkan sensor laser akan membantu mengamankan bagian besar dari batas bandara. Selain itu keberadaan sensor pagar juga dapat mendeteksi oknum tak bertanggung jawab yang berusaha memanjat atau memotong pagar di sekeliling perimeter bandara, dan sensor tanah yang tidak dijaga dapat mendeteksi lalu lintas pejalan kaki dan kendaraan serta upaya menggali di dekat area yang dilindungi.

Terkait skema itu, anggota Kongres lainnya, Zoe Lofgren mengungkapkan sederet teknologi baru tersebut akan dipasang pada bulan Desember. Pengujian akan berlanjut hingga Juni 2019, dan temuan akan dilaporkan setelah pengujian berakhir.

"Dengan memperkuat teknologi yang digunakan untuk menjaga keamanan perimeter bandara kami, kami mengambil langkah untuk memastikan keselamatan bisnis, pelancong, dan karyawan dan membantu menetapkan Mineta sebagai pintu gerbang utama ke Silicon Valley."



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar