07 Oktober 2018 | Reza - Redaksi | Intrusion System

Pencitraan Termal, Solusi Ampuh Mereduksi Alarm Palsu

Sistem keamanan hadir untuk melindungi orang, lokasi dan aset. Kemampuan pendeteksian dini terhadap segala potensi ancaman keamanan merupakan tujuan utama dari sistem keamanan.

Berbicara soal pendeteksi dini, tak lepas dari persoalan pengamanan perimeter. Kebanyakan praktisi dan konsumen memanfaatkan teknologi alarm intrusi sebagai solusi persoalan ini. Namun demikian, pada kenyataannya solusi alarm instrusi kerap melahirkan peringatan atau alarm palsu yang disebabkan oleh berbagai faktor, baik itu karena cuaca, hewan, dedaunan dan faktor lainnya.

Dengan mempertimbangkan masalah ini, profesional keamanan dan pengguna perlu mengevaluasi dan memilih teknologi yang akan meningkatkan keamanan dengan mengurangi jumlah alarm palsu sekaligus meningkatkan deteksi dan identifikasi.

Pencitraan termal atau thermal imaging bisa jadi jalan keluar, karena kemampuannya dapat memberikan perlindungan perimeter yang kuat dengan klasifikasi intrusi yang akurat dan penilaian alarm visual untuk meminimalkan alarm palsu.

Sebagai contoh, ketika seorang penyusup yang berada di daerah berhutan lebat akan sulit dideteksi menggunakan cahaya yang terlihat atau kamera berbekal pencahayaan infra merah. Dengan kamera berkemampuan  pencitraan termal  memungkinkan pengawas keamanan  melihat jelas penyusup tersebut karena pancaran panas tubuh.

Kamera keamanan termal memungkinkan orang melihat apa yang tidak bisa dilihat oleh mata mereka: radiasi panas yang tak terlihat dipancarkan atau dipantulkan oleh semua objek, terlepas dari kondisi pencahayaan. Karena perangkat ini melihat panas, bukan cahaya, kamera termal adalah alat yang efektif dalam pengaturan keamanan apa pun. Perangkat ini dapat dengan mudah mendeteksi penyusup dan potensi bahaya lainnya dalam cuaca apa pun, seperti siang dan malam.

Selain keunggulan teknologi, kamera termal juga membutuhkan lebih sedikit usaha dalam hal instalasi, keunggulan ini, menjadikannya pilihan yang lebih menarik dikalangan instalatur.

Mengingat semua faktor ini, efektivitas kamera pencitraan termal untuk deteksi intrusi tidak terbantahkan. Namun, kinerja mereka dapat lebih ditingkatkan dengan mengintegrasikan analitik video dan sensor lain untuk membentuk solusi yang lebih kuat, termasuk situasi di mana kamera termal dapat digunakan untuk menambah teknologi yang ada.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar