15 Maret 2016 | Denny - Redaksi | News

Apakah Identifikasi Biometrik Akan Dipakai untuk ATM?

Peluncuran kartu ATM masih tetap menjadi risiko besar bagi bank dan lembaga keuangan. Pengenalan kartu pintar dengan sebuah chip yang tertanam adalah cara yang paling aman untuk melindungi data. Namun, data strip magnetik masih dapat dibobol oleh kumpulan penjahat dan kerap disalahgunakan.

Kini sebuah solusi biometrik coba diterapkan pada kartu ATM keluaran bank-bank besar. Sejauh ini, identifikasi biometrik telah digunakan di dalam lingkungan manajemen kerja, misalnya untuk akses kontrol dan waktu kehadiran para pegawai. Namun selama ini belum pernah digunakan untuk solusi keamanan bagi kartu ATM.

“Identifikasi iris mata selalu dianggap sebagai solusi yang baik untuk autentifikasi identitas karena ketepatan dan kecepatannya. Namun, selalu ada masalah-masalah soal anggaran, ukuran peralatan, dan harga jual di lingkungan ATM,” kata Mohammed Murad, Wakil Presiden dari Global Sales and Business Development di Iris ID. Namun, beberapa tahun terakhir, alat deteksi iris mata ini makin terjangkau dengan teknologi yang tepat guna

Murad menjelaskan bahwa, identifikasi iris mata ini sangat cocok digunakan untuk ATM karena memiliki error yang sedikit. Selain itu, server pun dapat memproses database dan memverifikasi ID dengan cepat. Selanjutnya, bentuk gambar dari iris diterjemahkan secara otomatis sehingga untuk membuat duplikasinya masih tidak memungkinkan.

Identifikasi biometrik seperti penggunaan iris tidak mungkin akan menggantikan peran kartu ATM. Namun kelemahannya, penerapan identifikasi biometrik pada ATM bank akan sangat rumit dilakukan dan juga memakan waktu.

“Lembaga keuangan saat ini masih cukup konservatif jadi untuk menggeser perubahan teknologi jadi tidak mudah. Proses identifikasi biometrik akan lambat tetapi tanda-tandanya sudah mengarah ke hal yang positif. Seiring waktu, solusi biometrik seperti sistem berbasis iris akan menghilangkan pemakaian PIN,” ucap Murad. 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar