Share

Perkembangan teknologi smartphone yang sangat cepat membuat para produsen berlomba-lomba untuk memaksimalkan kinerjanya. Salah satu yang sedang hangat diperbincangkan adalah memuat konten Surat Izin Mengemudi (SIM) di ponsel pintar.

Menurut Joseph Pearson selaku Vice President HID Global, ada sebuah survey yang mengatakan bahwa para pemilik SIM di wilayah Amerika Utara tertarik atas ide smartphone yang berfungsi untuk menunjukkan SIM mereka.

“SIM yang ada di dalam smartphone, menurut mereka adalah hal yang lebih menarik daripada bentuk konvensional SIM saat ini. Pasalnya, saat ini smartphone sendiri bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan, contohnya untuk memesan tiket pesawat atau belanja lewat online, tapi kenapa tak kita kembangkan saja fungsinya sebagai pengganti kartu SIM,” ujar Joseph.

Jika wacana ini terwujud, dia memprediksi akan sangat membantu kehidupan manusia sehari-hari. Bahkan ada laporan bahwa tahun principal CNETsedang berupaya agar SIM bisa ditunjukkan dari smartphone milik penggunanya.

“Saat ini segala transaksi dan aktivitas bisa dilakukan dari smartphone. Nah mudah-mudahan kami bisa membawa SIM yang bisa dipertunjukkan dari ponsel,” ujar Mike Williams, Kepala SAMSAT kota Delaware, Amerika Serikat.

Namun, salah satu isu negatif dari wacana ini adalah pemalsuan. Namun Joseph mengaku hal itu sangat sulit dilakukan, karena identifikasi si pemilik SIM akan dilakukan dengan menggunakan kriptografi. Selain itu, datang gangguan lain seperti keterbatasan sumber daya ponsel itu sendiri yang berupa baterai. Joseph pun membantahnya lagi. Menurutnya, jika seorang tak bisa menunjukkan SIM karena baterai smartphone mereka habis, petugas bisa mengakses data orang tersebut secara online.

Related Articles

CCTV Card image cap
  sukron  11 May 2016
 11 May 2016
CCTV Card image cap
  denny  14 February 2017
 14 February 2017
CCTV Card image cap
  andri  27 June 2019
 27 June 2019
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.