23 Maret 2016 | Denny - Redaksi | News

Tiga Mahasiswa Wakili Indonesia dalam Kontes Robot Pemadam di Amerika

Tiga mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang berhasil membuat robot pemadam api. Atas keberhasilan tersebut,  Faizal Aminuddin Aziz (22), La Ode Muhamad Idris (21), dan Ahmad Zuhri (21), akan diberangkatkan ke Amerika Serikat untuk mengikuti kompetisi Trinity College Fire Fighter Home Robot Contest.

Pada kontes yang khusus memamerkan robot-robot pemadam api tersebut, ketiga mahasiswa yang merupakan anggota tim Robotik Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Unissula akan membawa empat robot yang sudah dipersiapkan secara khusus.

"Kita persiapan membuat robot sejak Oktober 2015 lalu. Nanti ada empat robot yang akan dibawa ke Amerika," kata Faizal yang didaulat menjadi ketua tim, Selasa (22/3/2016).

Dari empat robot itu, dua di antaranya jenis beroda dengan nama Khaum 1 dan Khaum 2, kemudian dua lainnya dengan jenis berkaki yaitu Sultan Agung 1 dan Sultan Agung 2. Keempat robot ini sebelumnya sudah sering menjuarai kontes robotik dari tingkat regional hingga nasional karena dinilai yang paling cepat tanggap saat memadamkan api di rumah.

Di Amerika nanti, keempat robot pemadam ini akan diuji melalui berbagai macam praktek perlombaan. Mulai dari simulasi dengan tiga tingkat kesulitan yaitu mencari api di ruangan kemudian memadamkannya, yang kedua menuju ruangan berapi dengan dihadapkan beberapa rintangan termasuk hewan peliharaan serta furniture, yang terakhir evakuasi bayi saat kebakaran terjadi.

"Robot dengan tipe beroda didesain untuk menyelamatkan bayi. Sedangkan untuk memadamkan api, robot ini bisa menyemburkan air atau menghempaskan angin bertekanan tinggi," ujar Faizal.

Kontes tersebut rencananya akan berlangsung 1 hingga 3 April 2016 mendatang. Mereka juga didukung penuh oleh perwakilan kampus, termasuk dana untuk penelitian dan pembuatan robot. "Dukungan sudah sejak ajang regional, dengan dana yang cukup besar dan dukungan dalam aspek doa juga," kata Wakil Rektor 3 Unissula Sarjuni.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar